DPRD Kabupaten Pasuruan Mulai Paripurnakan R-ABPD Perubahan 2023

DPRD Kabupaten Pasuruan Mulai Paripurnakan R-ABPD Perubahan 2023

PASURUAN, BANGSAONLINE.com - Sesuai dengan jadwal yang sudah ditetapkan banmus, bersama DPRD menggelar rapat paripurna membahas rancangan APBD perubahan 2023, Senin (11/9/2023).

Perubahan APBD dilakukan sebagai langkah penyesuaian anggaran serta pedoman kegiatan dan pelaksanaan pembangunan di daerah.

Dalam rancangan  2023, diketahui kekuatan pendapatan daerah mengalami peningkatan, dengan proyeksi mencapai Rp3,53 triliun. Sementara, dalam APBD murni 2023, hanya Rp3,51 triliun.

Berbeda dengan belanja daerah, justru terjadi penurunan. Sebelumnya, di dalam APBD induk 2023, belanja daerah proyeksikan bisa tembus Rp3,91 triliun. Namun dalam Rancangan 2023 hanya Rp3,89 triliun. Bahkan, di bawah proyeksi dalam KUPA PPAS 2023 yang diproyeksikan bisa menembus Rp3,93 triliun.

Bupati Pasuruan Irsyad Yusuf saat dikonfirmasi wartwan menjelaskan bahwa peningkatan pendapatan dipengaruhi beberapa faktor. Selain proyeksi kenaikan pajak daerah, juga adanya kenaikan dana transfer dan PAD lain yang sah.

“Kalau untuk pendapatan memang mengalami kenaikan. Kenaikan ini diperoleh dari beberapa hal. Contohnya sisa mati program pembangunan gedung yang anggarannya tidak terserap sepenuhnya. Misalnya, pagu anggaran yang disiapkan Rp50 miliar, tapi realisasi  di bawah pagu. Itu masuk pendapatan daerah lain yang sah,” jelas pria yang akrab dipanggil Gus Irsyad ini.

Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO