Eazy Intal: Dari Imigrasi Malang untuk Mahasiswa Asing, Perdana di UM

Eazy Intal: Dari Imigrasi Malang untuk Mahasiswa Asing, Perdana di UM Direktur Jenderal Imigrasi Silmy Karim menghadiri peluncuran inovasi Eazy Intal di Universitas Negeri Malang.

MALANG, BANGSAONLINE.com – Mahasiswa asing di wilayah Malang dan sekitarnya kini bisa mengakses layanan izin tinggal jemput bola melalui inovasi yang diluncurkan oleh pada Kamis (07/09/2023) di Universitas Negeri Malang (UM), Jawa Timur. Peluncuran tersebut dihadiri langsung oleh Direktur Jenderal Imigrasi, Silmy Karim.

merupakan model pelayanan izin tinggal jemput bola oleh petugas imigrasi ke lokasi pemohon. Dalam hal ini, petugas dari mendatangi Universitas Negeri Malang untuk memberikan layanan izin tinggal bagi mahasiswa asingnya.

“Untuk saat ini, layanan hanya bisa diajukan oleh universitas yang telah memiliki international office, seperti di UM ini,” jelas Kepala Kantor Imigrasi Kelas I TPI Malang, Galih Priya Kartika Perdhana dalam kesempatan tersebut.

“Kegiatan ini merupakan bentuk kolaborasi antara dengan Universitas Negeri Malang,” tutur Galih.

Untuk mengakses layanan , international office dari pihak universitas bisa mengajukan melalui Forecast Karmila (Integrated Foreigner Chat Services ) layanan komunikasi dua arah berbasis whatsapp di nomor 081252793234. Selanjutnya petugas imigrasi akan datang untuk melakukan proses pengambilan data biometrik.

“Pemohon maupun penjamin tidak perlu bolak balik datang ke Kantor Imigrasi,” tambah Galih

Hadirnya terobosan layanan mendapat sambutan baik dari Direktur Jenderal Imigrasi Silmy Karim. Inovasi ini menjadi wujud semangat Imigrasi Malang untuk meningkatkan kualitas layanan publik khususnya untuk izin tinggal keimigrasian.

“Saya mengapresiasi inovasi ini karena membuat layanan izin tinggal jadi cepat, mudah, dan terjangkau yang menjadi indikator layanan publik yang berkualitas,” tutur Silmy.

Lebih lanjut, Silmy menambahkan bahwa dapat menjadi solusi bagi kampus-kampus yang memiliki mahasiswa asing dan telah memiliki international office untuk kemudahan administrasi izin tinggal keimigrasian.

“Ini bentuk komitmen kita dalam mewujudkan layanan publik yang berkualitas,” tutup Silmy. (hms)

Sumber: Humas Kantor Imigrasi Malang

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO