Tekan Kecelakaan Lalu Lintas, Polres Batu Gelar Operasi Zebra Semeru 2023

Tekan Kecelakaan Lalu Lintas, Polres Batu Gelar Operasi Zebra Semeru 2023 Kapolres Batu, AKBP Oskar Syamsuddin, saat memberi keterangan kepada awak media. Foto: ADI WIYONO/BANGSAONLINE

KOTA BATU, BANGSAONLINE.com - Polres  menggelar Operasi Zebra Semeru 2023 dalam rangka menekan angka kecelakaan lalu lintas di Kota Agropolitan selama dua pekan (4-17 September 2023).

Kapolres , AKBP Oskar Syamsuddin, mengatakan bahwa ada 7 prioritas pelanggaran yang dapat ditindak secara penegakan hukum (gakkum), tilang elektronik atau Electronic Traffic Law Enforcement (e-TLE) maupun teguran selama Operasi Zebra Semeru 2023.

Adapun sejumlah prioritas pelanggaran yang dimaksud yakni pengendara atau pengemudi yang menggunakan ponsel saat berkendara, pengendara di bawah umur, pengendara yang berboncengan lebih dari satu orang, pengendara roda dua yang tidak menggunakan helm standar (SNI), dan kendaraan bermotor roda empat yang tidak menggunakan safety belt.

''Pengendara dalam pengaruh alkohol, pengendara atau pengemudi melawan arus dan pengendara atau pengemudi melebihi batas kecepatan," kata Oskar.

Ia pun mengimbau kepada masyarakat untuk lebih tertib dalam berlalu lintas agar tercipta kamseltibcarlantas di wilayah hukum Polres , sehingga dapat mencegah terjadinya fatalitas laka lantas.

“Dengan adanya operasi ini, saya berharap masing-masing anggota dapat memahami tugas dan tanggung jawabnya, sehingga kepatuhan dan disiplin masyarakat dalam berlalu lintas semakin meningkat dan mudah-mudahan dapat mengurangi angka pelanggaran serta fatalitas laka lantas,” paparnya.

"Dengan menargetkan pelanggaran-pelanggaran lalu lintas tersebut, kita mengedepankan pendekatan edukatif, persuasif, serta teguran simpatik," timpal Kasatlantas Polres , AKP Lya Ambarwati. 

"Diharapkan Operasi Zebra Semeru 2023 dapat menciptakan kesadaran dan disiplin yang lebih baik dalam berlalu lintas, sekaligus mengurangi angka pelanggaran dan kecelakaan lalu lintas," imbuhnya. (adi/mar)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Lihat juga video 'Dengan Santainya, Maling Gasak Motor Karyawan Pabrik di Kota Batu':


Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO