Lulusan Prodi Gizi IIKNU Tuban Siap Bantu Pemerintah Entaskan Stunting

Lulusan Prodi Gizi IIKNU Tuban Siap Bantu Pemerintah Entaskan Stunting Wisuda IIKNU Tuban yang juga meluluskan prodi gizi, Selasa (29/8/2023).

TUBAN, BANGSAONLINE.com - Institut Ilmu Kesehatan Nahdlatul Ulama (IIKNU) Kabupaten Tuban, selama Agustus 2023 menggelar wisuda sebanyak dua gelombang.

Namun, wisuda kali ini ada yang spesial, sebab juga telah meluluskan prodi gizi.

Pelantikan dan wisuda sendiri digelar di lantai 4 yang diikuti dari lulusan prodi Gizi, Profesi Ners dan Sarjana Keperawatan, pada Selasa (29/8/2023).

Rektor IIKNU Kabupaten Tuban, Dr H Miftahul Munir mengatakan, momen wisuda kali ini sangat spesial mengingat IIKNU perdana telah meluluskan prodi gizi.

Sarjana Prodi Gizi ini, cukup langka lantaran di Jawa Timur wilayah barat belum ada kampus kesehatan yang memiliki prodi tersebut. Tentu keberadaan lulusan prodi gizi tersebut dapat membantu pemerintah dalam mengentas stunting.

"InsyaAllah lulusan kami siap bantu pemerintah dalam mengentas stunting. Kami juga sudan mengamanatkan ke mahasiswa prodi gizi, bahwa mengurangi stunting tak harus bekerja di rumah sakit atau puskesmas. Tetapi, di desa atau tempat tinggalnya juga bisa," beber Rektor Munir sapaan akrabnya.

Ia menjabarkan, saat ini ada 28 wisuda perdana Strata 1 jurusan Program Gizi di . Pastinya keberadaan sarjana gizi dan nutrisionis saat ini sangat dibutuhkan masyarakat, baik di pelayanan kesehatan milik pemerintah maupun umum. Apalagi sesuai permenkes dalam satu Puskesmas harus ada 1 tenaga gizi.

"Dari sinilah kita sambut itu dan akhirnya mulai 2018/2019 ada jurusan Prodi Ahli Gizi di sini," tuturnya menambahkan.

Rektor yang juga Kader NU tulen itu berharap, setelah diwisuda mereka langsung terjun di pelayanan kesehatan. Dalam hal ini di Pojok Gizi yang memberikan pelayanan masyarakat yang membutuhkan tentang pelayanan gizi.

Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO