Bersama Pertamina, Pemkot Kediri Fasilitasi Penukaran Tabung LPG 3 Kg ke LPG non-subsidi untuk ASN

Bersama Pertamina, Pemkot Kediri Fasilitasi Penukaran Tabung LPG 3 Kg ke LPG non-subsidi untuk ASN Warga saat antre menukarkan tabung gas LPG 3 kg ke Bright Gas. Foto: Ist

KOTA KEDIRI, BANGSAONLINE.com - Pemkot Kediri melalui Bagian Administrasi Perekonomian bersama PT Patra Niaga membuka fasilitasi penukaran tabung 3 kg ke non-subsidi untuk ASN.

Kegiatan itu dilakukan secara paralel di 4 titik lokasi, yakni Balai , Kecamatan Mojoroto, Kecamatan Pesantren, dan Kecamatan Kota. Sejak dibuka pendaftaran 7 Agustus-16 Agustus 2023, tercatat ada 204 ASN yang mendaftar.

Hal tersebut diungkapkan Kepala Bagian Administrasi Perekonomian Pemkot Kediri, Tetuko Erwin Sukarno, Jumat (25/8/2023). Menurut dia, kegiatan ini merupakan tindak lanjut Surat Edaran Gubernur Jawa Timur tanggal 28 Juli 2023 nomor : 510/28486/125.4/2023, perihal penyaluran tabung 3 kg kepada konsumen pengguna tertentu.

Selain itu, kegiatan fasilitasi ini diharapkan dapat menjadi dorongan bagi masyarakat yang mampu, khususnya ASN untuk beralih menggunakan Bright Gas, karena bersubsidi hanya diperuntukkan bagi masyarakat miskin.

“Adapun dalam surat edaran disampaikan bahwa ASN, karyawan BUMD dan BUMN dihimbau tidak menggunakan 3 kg bersubsidi dan beralih ke tabung ukuran lain. Untuk itu kami bersama mengadakan paket penukaran tabung untuk teman-teman ASN yang masih menggunakan bersubsidi untuk beralih ke non subsidi,” ujarnya.

Erwin menambahkan, pihaknya akan membuka pendaftaran dan memberikan kesempatan kepada ASN yang hari ini belum mendaftar untuk ikut di gelombang berikutnya, karena melihat animo ASN yang menukarkan tabung hari ini.

“Ini masih awal dan kita coba ukur animo dan kebutuhannya, sehingga jika masih banyak yang berminat, kami akan membuka pendaftaran lagi dan akan mengagendakan untuk gelombang berikutnya,” tuturnya.

Untuk persyaratan penukaran, para ASN wajib menunjukkan kartu ASN Pemerintah . Lebih lanjut Erwin menjelaskan penukaran tabung elpiji 3 kilogram dengan tabung bright gas dilakukan dengan mekanisme, dua tabung elpiji 3 kilogram bersubsidi bisa ditukar dengan satu tabung bright gas 5,5 kilogram plus isi dengan biaya sebesar Rp 50 ribu.

Lihat juga video 'Pencuri Tabung Gas Elpiji di Bali Dimassa Warga':


Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO