Tradisi Tahunan, Ribuan Warga Kedungpring Gresik Semarakkan Karnaval 17 Agustus

 Tradisi Tahunan, Ribuan Warga Kedungpring Gresik Semarakkan Karnaval 17 Agustus

GRESIK, BANGSAONLINE.com - Ribuan warga Desa Kedungpring, Kecamatan Balongpanggang, Kabupaten , menyemarakkan karnaval dalam rangka menyambut HUT Kemerdekaan ke-78 Republik Indonesia (RI), Minggu (20/8/2023).

Karnaval tahun ini peserta dari masing-masing Rukun Tetangga (RT) dan Rukun Warga (RW). Juga dari pelajar, Karang Taruna, dan organisasi kemasyarakatan (ormas). Mereka ada yang memakai kostum baju adat, ogoh-ogoh (boneka raksasa), drum band, Mahabarata (Ramayana), Rondo Kuning, Leak Bali, Suku Dayak (Borneo), pakaian adat Jawa, sapi sapian, tumpeng raksasa, dan sejumlah kreasi lain.

Rute karnaval 17 Agustus tahun ini dimulai dari lapangan Dusun Kedungpring menuju lapangan Pilangrejo. Puluhan petugas gabungan dari Polsek dan Koramil Balongpanggang serta petugas Satpol PP dilibatkan untuk mengatur lalu lintas. Panas terik matahari yang menyengat tak membuat peserta karnaval kelelahan. Mereka tetap semangat. Begitu pun dengan masyarakat. Mereka sangat antusias.

Kepala Desa (Kades) Kedungpring, Supriono beserta istri juga ikut menyemarakkan karnaval. Mereka menggunakan kostum ala kerajaan. Supriono menyatakan, warga Desa Kedungpring dalam menyemarakkan karnaval HUT ke-78 RI memperagakan beragam dandanan ala Indonesia.

"Tujuannya, untuk menggelorakan semangat HUT kemerdekaan RI serta mengingatkan pemuda pemudi akan nilai-nilai perjuangan para pejuang bangsa yang memperjuangkan kemerdekaan RI," ucapnya.

Menurut Kades, karnaval diikuti ribuan peserta berasal dari putra putri pribumi Desa Kedungpring. Mereka sangat antusias mengikuti kegiatan yang digelar untuk merayakan Kemerdekaan ke-78 RI.

"Ahamdulillah, peserta karnaval sangat antusias. Saya berterima kasih kepada seluruh warga Kedungpring atas partisipasinya. Karnaval tahun ini lebih meriah dibandingkan tahun-tahun sebelumnya. Peserta tak menghiraukan panas terik matahari," ungkapnya.

"Saya bersyukur karnaval berjalan lancar aman, kondusif dan sukses," imbuhnya.

Ia menambahkan, kesadaran warga Desa Kedungpring dalam mengikuti karmaval dalam memeriahkan semakin tahun semakin tinggi. Hal ini dibuktikan dengan tingkat keikut sertaan masyarakat dalam karmaval dengan beberapa kreasi yang ditampilkan.

Lihat juga video 'Viral! Video Manusia Menikahi Kambing di Gresik, Bupati Mengecam: Jahiliyah!':


Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO