Dinkes Kota Kediri dan Loka POM Kediri Ajak Kader Beri Edukasi Keamanan Pangan ke Masyarakat

Dinkes Kota Kediri dan Loka POM Kediri Ajak Kader Beri Edukasi Keamanan Pangan ke Masyarakat Sosialisasi keamanan pangan oleh Dinkes Kota Kediri dan Loka POM Kediri. Foto: Ist.

KOTA KEDIRI, BANGSAONLINE.com - Dinas Kesehatan bekerja sama dengan menggelar sosialisasi keamanan pangan, Senin (21/8/2023). Kegiatan tersebut mengundang 90 kader kilisuci (Kader Germas SAPA) dengan mendatangkan narasumber dari Loka POM.

Plt Kepala Dinas Kesehatan , Sumedi, mengatakan sosialisasi ini bertujuan meningkatkan kemandirian masyarakat dalam menjamin pemenuhan kebutuhan pangan yang aman. Juga dijelaskan cara memastikan keamanan pangan keluarga melalui KLIK (cek kemasan, cek label, cek izin edar, dan cek kedaluwarsa).

Sumedi menyampaikan pentingnya memastikan kemanan karena saat ini terdapat berbagai macam bentuk pangan, baik pangan siap saji maupun pangan olahan dalam kemasan.

Menurutnya, pembinaan dan pengawasan peredarannya menjadi tugas pokok pemerintah. Namun, diperlukan peran serta kader untuk membantu pemerintah melakukan sosialisasi dan mengedukasi masyarakat.

"Kualitas pangan sangat menentukan kualitas sumber daya manusia. Maka dari itu, kita berikan bimtek kepada kader kilisuci terkait keamanan pangan, yakni pangan untuk keluarga dan pangan olahan, terutama untuk anak-anak di masa pertumbuhan supaya mereka tidak sampai kurang gizi," ungkapnya.

Sebagai tindak lanjut kegiatan hari ini, Sumedi menuturkan akan mengundang 450 orang yang akan mendapatkan penyuluhan dari para kader yang telah dibimtek. Penyuluhan akan diselenggarakan secara kesinambungan hingga lima hari ke depan.

Lihat juga video 'Tanam Pohon dan Tebar Benih Ikan Warnai Peringatan Hari Bumi dan Hari Air Dunia di Kota Kediri':


Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO