Tokoh NU Heran, Gus Salam Cucu Pendiri NU Dipecat, Mardani Maming Memalukan NU Dibiarkan

Tokoh NU Heran, Gus Salam Cucu Pendiri NU Dipecat, Mardani Maming Memalukan NU Dibiarkan KH Abdus Salam Shohib (Gus Salam). Foto: dok.pwnu jatim

SURABAYA, BANGSAONLINE.com – Sikap PBNU yang memecat Wakil Ketua PWNU Jawa Timur () terus menjadi gunjingan di kalangan para kiai NU dan kader NU. Mereka menilai sikap PBNU sangat tak sesuai kultur NU dan bahkan juga tidak adil karena yang sempat jadi Bendahara Umum PBNU dibiarkan, meski jelas-jelas mencoreng marwah NU karena terbukti korupsi saat jadi Bupati Tanah Bumbu Kalimantan Selatan (Kalsel).

adalah cucu pendiri NU KH Bisri Sansuri sekaligus Pengasuh Pondok Pesantren Mambaul Maarif Denanyar Jombang. Sedang adalah kader PDIP Kalsel yang kini meringkuk di penjara karena korupsi.

“Dalam hal ini ada dua persoalan. Pertama, kasus itu seharusnya tak ujug-ujug dipecat seperti itu. Harusnya ada proses. Kalau dalam organisasi harus ada SP1, SP2, dan SP3. Dalam NU ada istilah tabayun,” kata Sudarsono Rahman, Mantan Ketua Ikatan Pelajar Nahdlatul Ulama (IPNU) Jawa Timur kepada BANGSAONLINE, Ahad (20/8/2023) pagi.

Kedua, tegas Cak Dar, panggilan akrab tokoh NU asal Bawean itu, kasus itu hanya dinamika yang masih bisa dirembug dan didialogkan.

“Jadi tak perlu sampai terjadi pecat memecat. Sementara pada kasus lain yaitu yang jelas-jelas mencoreng marwah NU dan memalukan NU justru dibiarkan. Kasus Mardani ini benar-benar memalukan. Masak bendahara umum NU seperti itu. Tapi Mardani kan hanya di-Plt. Bahkan sampai detik ini mungkin masih belum dipecat, padahal Mardani sudah jelas-jelas terbukti korupsi. Kenapa kok tidak berani memecat. Ini kan pertanyaan besar,” kata Cak Dar menyayangkan sikap PBNU yang ambivalen.

Seperti diberitakan BANGSAONLINE.com, PBNU memberhentikan dari jabatannya sebagai wakil ketua PWNU Jawa Timur kerena ikut menggugat keputusan PBNU terkait pengurus PCNU Jombang.

Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO