Kampanyekan Isi Piringku, Fatma: Asupan Gizi Seimbang Dorong Tumbuh Kembang dan Tingkatkan Imunitas

Kampanyekan Isi Piringku, Fatma: Asupan Gizi Seimbang Dorong Tumbuh Kembang dan Tingkatkan Imunitas

KOTA PASURUAN, BANGSAONLINE.com - Kegiatan kampanye dan edukasi Isi Piringku untuk meningkatkan derajat kesehatan masyarakat dilakukan selaku Ketua Tim Penggerak PKK Kota yang bekerja sama dengan Danone Indonesia dan Spektra Surabaya.

Dengan mengajak para kader kesehatan, kegiatan ini merupakan Pelatihan Komunitas Isi Piringku, Edukasi Kesehatan, Gizi, dan Pola Asuh Kota yang berlangsung di Gedung Gradika, Senin (14/08/23).

“Panduan Isi Piringku telah memberikan tuntunan kepada kita semua dalam menyediakan asupan makan pada anak-anak dan anggota keluarga dengan porsi sekali makan 50% adalah buah dan sayur, 30 persen karbohidrat dan 20% protein. Dimana komposisi ini akan mendorong tumbuh kembang badan kita secara proporsional, sekaligus meningkatkan imunitas secara alami,” ujar Fatma saat membuka kegiatan pelatihan komunitas Isi Piringku.

Fatma juga menuturkan terkait dengan makan sayur dan buah yang merupakan ketentuan dari WHO atau Organisasi Kesehatan Dunia, bahwa penduduk dikatakan ‘cukup’ konsumsi sayur dan buah, apabila menyantap kombinasi buah dan sayur minimal lima porsi per hari selama tujuh hari dalam seminggu, dan termasuk kategori ’kurang’ apabila konsumsi buah dan sayur kurang dari syarat tersebut di atas.

“Data yang diperoleh dari Riset Kesehatan Dasar (RISKESDAS) tahun 2018, memperlihatkan bahwa konsumsi buah dan sayur untuk anak diatas usia lima tahun secara nasional adalah 1-2 porsi sebesar 60,8%, 3-4 porsi sebanyak 24,6 persen, sedangkan yang lima porsi sebanyak 6,1%” jelas Fatma.

Menurutnya, sasaran yang tepat dalam program edukasi kesehatan, gizi, dan pola asuh ini yaitu kader Posyandu dan tim pendamping kelurahan. “Melalui peran ibu-ibu yang ada di hadapan saya ini, materi Isi Piringku saya harap nantinya akan ditransformasikan kepada peserta didik atau ibu-ibu khususnya yang memiliki balita di masing-masing Posyandu,” ujar Fatma

Lihat juga video 'Penuhi Air Bersih Warga, Pemdes Krandegan Sukseskan Program SPAM dari PUPR':


Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO