Tekan Defisit APBD 2023, Belanja di DPUTR Gresik Dikurangi Rp100 Miliar

Tekan Defisit APBD 2023, Belanja di DPUTR Gresik Dikurangi Rp100 Miliar Ketua DPRD Gresik, Much. Abdul Qodir.

GRESIK, BANGSAONLINE.com - Badan anggaran (Banggar) DPRD , dan Tim anggaran pemerintah daerah (TAPD) setempat membuat beberapa skema dengan mengurangi sejumlah belanja fisik untuk menekan angka defisit pada APBD tahun ini.

Adapun yang dilakukan dengan mengurangi belanja fisik di Dinas Pekerjaan Umum dan Tata Ruang (DPUTR) . Tak tanggung-tanggung belanja di OPD yang bertugas dalam pembangunan ini mencapai Rp100 miliar.

"Efensiensi dan penundaan dan pengurangan beberapa belanja bagian dari strategi kami untuk mensiasati defisit di APBD 2023. Misal di PU (DPUTR) kita kurangi 100 milar, di belanja barang dan jasa dan lain-lain," kata Ketua DPRD , Much. Abdul Qodir, kepada BANGSAONLINE.com, Minggu (13/8/2023).

Ia juga menyebutkan sejumlah skema atau rumus lain yang dipakai untuk menutup kurangnya uang (pembiayaan) terhadap kebutuhan belanja pada APBD 2023.

"Kami minta aptimalisasi pendapatan asli daerah (PAD) yang secara kajian potensi riilnya masih bisa ditingkatkan. Seluruh jenis pajak kita kaji. Kita analisa," ucap Ketua DPC PKB ini.

Lebih jauh, Qodir menjelaskan bahwa dalam pengurangan anggaran pembiayaan untuk belanja program, dewan tidak mengidentifikasi apapun input belanja atau program dari sumber apa, seperti pembiayaan di DPUTR yang dikurangi Rp100 miliar.

Lihat juga video 'Viral! Video Manusia Menikahi Kambing di Gresik, Bupati Mengecam: Jahiliyah!':


Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO