Ketua LSM Jimat Pasuruan Raya Sebut Pj Bupati Lebih Tepat dari Kemendagri

Ketua LSM Jimat Pasuruan Raya Sebut Pj Bupati Lebih Tepat dari Kemendagri Ketua LSM Jimat Pasuruan Raya, Choiril Mukhlis.

PASURUAN, BANGSAONLINE.com - Ketua LSM Jimat (Jaringan Masyarakat) Raya, Choiril Mukhlis, mengapresiasi usulan 7 fraksi terkait penjabat bupati. Namun, ia berharap Pj Bupati yang ditetapkan oleh Mendagri nantinya benar-benar pejabat yang tepat.

"Menurut saya, usulan dewan yang menyebut Pj Bupati berasal dari provinsi itu sudah sangat tepat. Soal siapa yang dianggap paling tepat untuk diusulkan itu urusan legislatif," ujarnya, Selasa (8/8/2023).

Ia pun mengaku curiga terkait usulan dari para wakil rakyat lantaran mengerucut pada satu nama.

"Usulan beberapa anggota dewan dari Kemendagri paling tepat untuk Kabupaten . Sehingga, tidak sekadar berspekulasi menuding main mata dengan Kepala Dinas ESDM Jatim," ucapnya.

Menurut dia, Pj Bupati harusnya dijabat oleh Yudha Triwidya Sasongko, sekretaris daerah (sekda) setempat.

"Saya sudah konfirmasi ke sekda, dia tidak berkenan menjadi pj. bupati. Berarti, yang diusulkan pejabat dari eselon II atau kepala OPD," tuturnya.

Namun, Choiril merasa aneh apabila eselon II menjabat sebagai Pj Bupati karena dianggap ada beban mental. Secara struktural, ia mengatakan bahwa Pj Bupati memiliki kewenangan lebih tinggi dari sekretaris daerah.

"Seorang pj bupati secara struktural dan kepangkatan di bawah sekda. Tapi, secara jabatan dan wewenang lebih tinggi dari sekda. Belum lagi hubungan kerja dengan eselon II lainnya lebih senior. Jika hal ini dipaksakan dan tetap diusulkan, malah justru inilah yang patut dicurigai adanya dugaan kemufakatan jahat ke depannya," paparnya. (par/mar)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Lihat juga video 'Penuhi Air Bersih Warga, Pemdes Krandegan Sukseskan Program SPAM dari PUPR':


Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO