Gus Fawait: Fraksi Gerindra Komitmen Bantu Gubernur Khofifah Entaskan Kemiskinan di Jawa Timur

Gus Fawait: Fraksi Gerindra Komitmen Bantu Gubernur Khofifah Entaskan Kemiskinan di Jawa Timur Ketua Fraksi Gerindra DPRD Jatim, Muhammad Fawait.

SURABAYA, BANGSAONLINE.com - Ketua Fraksi DPRD Jatim, Muhammad Fawait atau yang akrab disapa , menyatakan bahwa pihaknya mendapat arahan dari Prabowo Subianto agar ikut mengentaskan kemiskinan.

"Fraksi komitmen membantu Gubernur entaskan kemiskinan. Karena itu, strategi kebijakan pengentasan kemiskinan dengan mendorong pertumbuhan ekonomi harus dipisahkan, karena ini dua hal yang berbeda," ujarnya, Selasa (1/8/2023).

Ia mengungkapkan, pengentasan kemiskinan membutuhkan strategi khusus dan sangat berbeda dengan strategi mendorong pertumbuhan ekonomi. Namun, untuk melakukan pengentasan kemiskinan butuh sumber anggaran yang besar.

Karena itu, Fraksi DPRD Jatim berkomitmen untuk menggali potensi-potensi pendapatan asli daerah (PAD). Tokoh Nahdliyin Inspiratif versi Forkom Jurnalis Nahdliyin ini menyebut optimalisasi sumber pos anggaran harus dilakukan.

"Selama ini pajak daerah menjadi sumber pos anggaran tertinggi. Kita akan gali dan analisa sehingga PAD bisa digenjot lebih tinggi lagi," tuturnya.

Bendara GP Ansor Jatim itu juga mengingatkan ada sejumlah pos belanja yang bisa dilakukan efisiensi. Ia menyontohkan pos belanja pegawai yang selalu mengalami sisa lebih perhitungan anggaran (silpa) hampir Rp1 Triliun.

Presiden Laskar Sholat Nusantara (LSN) ini berharap ada efisiensi pada sejumlah pos, di antaranya pos belanja pegawai. Menurut dia, efisiensi pos belanja itu bisa dialokasikan untuk program pengentasan kemiskinan.

"Efisiensi pos belanja bisa dilakukan untuk dialihkan pada anggaran mendukung kebijakan Ibu Gubernur untuk pengentasan kemiskinan. Khususnya kemiskinan ekstrem," kata kandidat Doktor FE Unair tersebut. (mdr/mar)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO