Wakil Bupati Gresik: Masyarakat Pengidap HIV/AIDS Meningkat 3 Kali Lipat

Wakil Bupati Gresik: Masyarakat Pengidap HIV/AIDS Meningkat 3 Kali Lipat Wakil Bupati Gresik, Aminatun Habibah, saat memberikan arahan dalam pencegahan penyebaran HIV/AIDS. Foto: SYUHUD/BANGSAONLINE

GRESIK, BANGSAONLINE.com - Pemkab gencar mekakukan sosialisasi kepada masyarakat untuk mencegah sebaran penyakit HIV/AIDS. Bersama Komisi Penanggulangan AIDS (KPA), pelatihan Warga Peduli HIV/AIDS (WPA) digelar di Kantor Bupati , Rabu (26/7/2023).

Agenda tersebut merupakan tindak lanjut atas pengukuhan WPA pada 30 November 2022. Peserta pelatihan berasal dari perwakilan seluruh organisasi wanita di , yang ditambah dengan duta HIV/AIDS , dan perwakilan beberapa sekolah negeri dengan total peserta 40 orang.

Pada kegiatan ini menghadirkan pemateri dari spesialis penyakit dalam RSUD Ibnu Sina, Much. Fakhrudin Fakhry, dari Dinas Sosial (Dinsos) , Nur Faridah, dan Dinas Kesehatan (Dinkes) , Musyayadah. Kegiatan ini dibuka langsung oleh Wakil Bupati , Aminatun Habibah.

"Beberapa waktu lalu dari KPA sudah mensosialisasikan HIV/AIDS kepada perempuan di . Kami memilih perempuan, karena dirasa lebih peka terhadap isu seperti ini. Makanya, hari ini kita lanjutkan dengan pelatihannya," ujarnya.

Ia menyebutkan, kasus HIV/AIDS di cenderung meningkat. Pada 2021, angka Orang Dalam HIV/AIDS (ODHA) berjumlah 65 kasus. Jumlah ini meningkat sekitar 3 x lipat di 2022 menjadi 179 kasus.

Sedangkan di triwulan 1 tahun 2023, jumlah kasus baru sudah mencapai 56 kasus. Kondisi ini menunjukkan penularan HIV/AIDS di Kabupaten tinggi. Para pengidap HIV/AIDS itu sekitar 49 persennya berasal dari laki-laki sex laki-laki (LSL/homosex). Kemudian, anak anak, remaja, ibu rumah tangga, dan warga binaan pemasyarakatan (narapidana).

Lihat juga video 'Viral! Video Manusia Menikahi Kambing di Gresik, Bupati Mengecam: Jahiliyah!':


Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO