​Dugaan Praktik Pungli Bansos Sampang, Ketahuan Pegang KKS Segenggam Tangan di Mesin ATM BRI

​Dugaan Praktik Pungli Bansos Sampang, Ketahuan Pegang KKS Segenggam Tangan di Mesin ATM BRI Sejumlah orang yang melakukan transaksi di ATM BRI dengan segenggam KKS.

SAMPANG, BANGSAONLINE.com - Bantuan sosial (Bansos) di diduga dijadikan cara mendapatkan keuntungan oleh seorang pekerja sosial masyarakat. Pasalnya, seorang pria dan tiga perempuan sedang melakukan transaksi di mesin ATM BRI dengan memegang Kartu Keluarga Sejahtera (KKS).

Masing-masing orang itu terlihat memegang kartu KKS tidak sama, ada yang memegang lebih dari lima bahkan ada yang membawa segenggam tangan. Anehnya, orang-orang itu tidak merasa berdosa meski dilihat orang di belakangnya saat mengantre.

Ketika ditegur oleh orang yang mengantre di belakangnya, seorang wanita itu tidak bicara apa-apa dan langsung keluar dari mesin ATM.

"Saya mengira kalau orang yang memegang Kartu Keluarga Sejahtera banyak adalah pungli. Sebab, kartu tersebut seharusnya dipegang dan hanya dapat diakses oleh para keluarga penerima manfaat (KPM)," kata Achmad warga Camplong saat keluar dari mesin ATM BRI , Senin, (17/7/2023).

Ia mengaku heran setelah melihat orang memegang kartu KKS banyak. Menurut dia, pendistribusian Kartu Keluarga Sejahtera (KKS) baik itu bantuan BPNT, PKH, dan lainnya harus diterima langsung oleh KPM, begitu pula saat mencairkan bantuan.

"Herannya kenapa kartu ATM bansos dipegang orang lain, jangan-jangan ini praktik pungli yang ujung-ujungnya nanti orang itu minta imbalan kepada KPM atau memang KPM tidak mengetahui kalau dirinya sebagai penerima Bansos," katanya.

Mengetahui hal ini, Achmad berharap penanggung jawab bantuan sosial seperti dinsos, Bank BRI, dan PT Pos harus menelusuri orang-orang itu agar pencairan bantuan berjalan sebagaimana mestinya.

Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO