Lampu Baru, Pencahayaan Stadion Gelora Delta Sidoarjo Lebihi Standar PSSI dan FIFA

Lampu Baru, Pencahayaan Stadion Gelora Delta Sidoarjo Lebihi Standar PSSI dan FIFA Tim Ahli independen saat uji coba lampu baru Stadion Gelora Delta Sidoarjo. Foto: Ist

SIDOARJO, BANGSAONLINE.com - Stadion Gelora Delta diklaim menjadi stadion yang memiliki pencahayaan paling kuat atau terang di Indonesia. Itu menyusul pemasangan lampu penerangan baru di 4 tower stadion tersebut.

Lampu penerangan itu mampu memenuhi standar kuat cahaya lampu yang ditetapkan oleh Persatuan Sepakbola Seluruh Indonesia () dan Federation Internationale de Football Association ().

Bahkan saat dilakukan uji coba oleh tim ahli independen, Rabu (12/7/2023) malam, hasilnya malah di atas standar dan . Yakni terukur lux level average mencapai angka 1.700 lux. Padahal, standar maupun rata-rata sudut kuat cahaya lampu sorot itu sebesar 1.300 lux.

Semula, lampu yang terpasang di stadion kebanggaan warga Kota Delta itu, Philips jenis pelepas gas MVF 403, MHNSA 2.000 Watt dengan jumlah sebanyak 168 unit. Lampu lama ini berdasarkan hasil test iluminasi lampu eksisting terukur rerata 700-800 lux.

Kini diganti dengan lampu sorot led brand Bandell tipe TSL 1.000 Watt sebanyak 168 unit terukur lux level average di angka 1.700 lux.

"Dengan lampu baru ini, maka Stadion Gelora Delta tidak hanya layak digunakan dalam perhelatan Porprov Jatim Tahun 2023 saja. Akan tetapi bisa dimanfaatkan untuk berbagai pertandingan sepakbola dengan standar yang ditetapkan maupun ," cetus Tim Ahli Independen, Ir H Gatut Budiono, MSc, IPU dalam keterangan tertulis, Rabu (13/7/2023).

Diketahui, saat test aiming iluminasi lampu sorot itu, Gatut Budiono yang juga Dekan Fakultas Volasi Untag Surabaya ini didampingi sejumlah tim ahli lainnya. Di antaranya dosen Teknik Elektro Fakultas Teknik Untag dan dosen Teknik Elektro STT-PLN, Hadi Tasmono.

Selain itu didampingi Ahli Utama APEI Jatim yakni Sugiono, dan H Ary Mulyanto.

Menurut Gatut Budiono, dengan hasil uji coba tersebut, hasilnya sudah luar biasa untuk sekelas Stadion Gelora Delta . Ia menyebut, bisa jadi lampu di Stadion Gelora Delta ini menjadi stadion paling kuat cahaya lampu (terang) di Indonesia berdasarkan syarat lux level average dari sebesar 1.300 lux.

"Begitu pun standar untuk kuat cahaya di stadion sepakbola outdoor 200 lux untuk latihan (training), 400 lux untuk kompetisi amatir dan 600 lux untuk kompetisi profesional," tandas Gatut.

Gatut menambahkan, lampu (pencahayaan) sebagai syarat 1.300 lux dari untuk pertandingan sepakbola itu dapat disiarkan langsung oleh stasiun Televisi Nasional.

Bahkan dengan kekuatan cahaya 1.300-1.400 lux, Televisi Nasional bisa shooting gambar dari jarak 150 meter. Kemudian untuk siaran langsung Televisi Internasion membutuhkan 1.400 -1.700 lux dengan jarak tembak (kamera televisi ke objek gambar) shooting 150 meter.

"Hasil ini bisa disimpulkan Stadion Gelora Delta dengan kuat cahaya lampu stadion yang mencapai 1.700 lux itu, bisa digunakan untuk siaran Televisi Nasional dan Internasional sesuai yang disyaratkan ," jlentrehnya.

Lihat juga video 'Kecelakaan Karambol di Medaeng Sidoarjo, Truk Tabrak Tiga Mobil Hingga Terguling':


Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO