Gubernur Khofifah Diharapkan Hadir dalam Konferensi Internasional ke-10 Geopark UNESCO di Maroko

Gubernur Khofifah Diharapkan Hadir dalam Konferensi Internasional ke-10 Geopark UNESCO di Maroko Wisatawan saat berada di kawah Gunung Ijen.

BANYUWANGI, BANGSAONLINE.com - Gubernur diharapkan hadir dalam Konferensi Internasional ke-10 Geopark di M’Goun UGGp ( Global Geopark), Maroko, pada 5-2 September 2023. Sebagai representasi Pemprov Jatim, ia akan menerima pengukuhan menjadi salah satu bagian dari Global Geopark dalam agenda tersebut.

"Undangan telah disampaikan kepada Ibu Gubernur dan didisposisi ke Disbudpar Jatim, dan saat ini sedang menunggu arahan lebih lanjut dari Ibu Gubernur," kata Kepala Bappeda Jatim sekaligus Ketua Umum Pengelola Geopark Ijen periode 2023-2024, Muhammad Yasin, Sabtu (8/7/2023).

Ia menceritakan, penetapan Kawasan Wisata sebagai Global Geopark (UGGp) ini dilakukan dalam sidang tahunan di Markas di Paris, Prancis, Rabu (24/5/2023). Penyerahan sertifikat resmi kepada pengelola Ijen Geopark rencananya akan dilaksanakan pada September 2023 di Maroko.

“Sebuah kebanggaan yang luar biasa, satu lagi obyek wisata geologi di Jatim dinobatkan sebagai UGGp,” tuturnya.

Yasin menjelaskan, UGGp memiliki kriteria yang ketat yang harus dipenuhi dalam mengelola sumber daya geologi dan nilai budaya. Mereka juga bekerja sama dengan stakeholder setempat, komunitas, dan pemerintahan untuk merancang proyek-proyek yang bertujuan untuk mengembangkan potensi geologi, memberikan manfaat ekonomi, Serta meningkatkan kesadaran masyarakat tentang pentingnya sumber daya geologi.

“Selain itu, Global Geopark juga memiliki program edukasi dan sosialisasi yang sangat baik, termasuk pelatihan-pelatihan dan penelitian yang bertujuan untuk memperdalam pengetahuan masyarakat tentang nilai geologi yang tersimpan di sekitar mereka," paparnya. 

"Dari sudut pandang lingkungan, Global Geopark juga menjadi model dalam menjaga kelestarian lingkungan konservasi sumber daya alam, dan mempromosikan praktik-praktik yang berkelanjutan,” imbuhnya.

Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO