Pemkot Kediri Ajak Masyarakat Lestarikan Biota Air Dalam Sosialisasi Pelestarian Plasma Nutfah

Pemkot Kediri Ajak Masyarakat Lestarikan Biota Air Dalam Sosialisasi Pelestarian Plasma Nutfah Kepala DKPP Kota Kediri M. Ridwan (kanan) saat menyerahkan bantuan benih ikan kepada pengelola sumber air. Foto: Ist.

KOTA KEDIRI, BANGSAONLINE.com - Dalam rangka memberikan wawasan bagi pengelola perairan umum daratan (PUD) dan pengelola sumber air di , dinas ketahanan pangan dan pertanian (DKPP) setempat menyelenggarakan sosialisasi pelestarian perairan.

Kegiatan yang bekerja sama dengan UPT Laboratorium Kesehatan Ikan dan Lingkungan Pasuruan itu dilaksanakan di Sumber Soyo Indah, Kelurahan Bawang, Kecamatan Pesantren, Kamis (6/7/2023).

M. Ridwan, Kepala DKPP , mengatakan kegiatan tersebut dilaksanakan untuk memberikan wawasan kepada pengelola sumber air maupun sungai mengenai keragaman .

“Kita adakan kegiatan ini, utamanya ialah untuk mengetahui serta melestarikan , seperti ikan-ikan agar terjaga dengan baik,” terang Ridwan.

Selain melakukan sosialisasi kepada pengelola PUD dan pengelola sumber air, kegiatan yang diikuti oleh dua puluh peserta itu juga diisi dengan pemberian cenderamata berupa benih ikan sebanyak 5.500 ekor kepada lima pengelola sumber air.

Lima pengelola sumber air tersebut, di antaranya: pengelola Sumber Soyo Kelurahan Bawang, Kelurahan Tosaren, Kelurahan Gayam, DAM Kleco Kelurahan Jamsaren, serta pengelola perairan umum daratan atau sungai Kelurahan Banaran. Adapun jenis ikan yang dibagikan antara lain: bader, tawes, dan nilem.

Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO