Tanggulangi Banjir, PUPR Nganjuk Bangun Gorong-Gorong

Tanggulangi Banjir, PUPR Nganjuk Bangun Gorong-Gorong Ekskavator saat melakukan pengerukan untuk pembangunan gorong-gorong. Foto: BAMBANG DWI JULIANTO/BANGSAONLINE

NGANJUK, BANGSAONLINE.com - Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (PUPR) melakukan normalisasi irigasi dan gorong-gorong dalam rangka mencegah banjir saat musim hujan, salah satunya di Jalan Kartini, Kelurahan Mangundikaran

Pembangunan gorong-gorong sepanjang 23 meter ini bertujuan untuk mengurangi penumpukan air, sekaligus untuk mempercepat aliran hujan ke sungai. Kepala Dinas PUPR , Gunawan Widagdo, mengatakan bahwa tujuan dibangunnya irigasi dengan di buatkanya gorong-gorong bisa mengurai penumpukan air hujan.

"Kawasan tersebut sering menjadi tempat pertemuan air hujan, maka sering terjadi genangan karena kecilnya saluran drainase tersebut," ujarnya kepada BANGSAONLINE.com, Selasa (27/6/2023).

Menurut pengamatan tim URC, ada 3 kawasan yang tergenang saat musim penghujan, yakni di Jalan Diponegoro, Jalan Merdeka, dan Jalan Kartini. Sedangkan penumpukan air mengarah ke Jalan Kartini karena kecilnya saluran drainase dan membuat luapan air begitu cepat.

"Jadi untuk memperlancar aliran air menuju Sungai Asri, perlu adanya pelebaran gorong-gorong", kata Gunawan.

Ia berharap, luapan air hujan dari 3 lokasi nantinya bisa langsung mengalir ke Sungai Asri. Pada awalnya, gorong-gorong yang ada lebarnya hanya 40 cm, dan sekarang dilebarkan menjadi 1 meter.

"Setidaknya dengang di bangunya drainase tersebut, bisa meminimalisir banjir yang ada di kota," tuturnya.

Tidak hanya pembangunan drainase yang dilakukan pelebaran, Gunawan menyebut, yang terpenting adalah kesadaran masyarakat agar membuang sampat di tempatnya.

"Saya menghimbau kepada masyarakat agar saling melakukan pengawasan, untuk tidak membuang sampah di saluran baik irigasi maupun sungai," pungkasnya. (bam/mar)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Lihat juga video 'Polres Nganjuk Musnahkan BB Narkoba, Miras, dan Knalpot Brong, Hasil Ops Pekat Semeru 2024':


Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO