Kemenag Lamongan Gelar FGD Moderasi Beragama

Kemenag Lamongan Gelar FGD Moderasi Beragama Khoirul Anam, saat memberikan sambutan.

LAMONGAN, BANGSAONLINE.com - Kantor Kementerian Agama (Kemenag) menggelar Forum Grup Diskusi (FGD) Kerukunan Beragama dalam Bingkai Moderasi Beragama, Senin( 26/6/2023).

Kegiatan diskusi yang menghadirkan narasumber KH Masnur Arif (FKUB), Agus (LDII) tersebut diikuti tokoh dan pemuda dari lintas agama serta kepala kUA tersebut dibuka Plh Kepala Kantor Kemenag , Khoirul Anam.

Dalam sambutannya, Khoirul Anam yang menjabat sebagai Kasubag TU Kemenag menjelaskan Kementerian Agama RI tengah mendorong penguatan moderasi beragama.

Menurutnya, dengan melaksanakan moderasi beragama, maka keragaman bisa disikapi dengan bijak, Selain itu komitmen kebangsaan harus ditumbuhkan karena hal ini sebagai bentuk tanggung jawab diri sebagai bangsa Indonesia.

"Tanpa adanya komitmen kebangsaan yang konsisten, maka negara ini tidak bisa berdiri tegak dalam mencapai cita-cita rakyat Indonesia," ujarnya.

Maka dari itu terang Anam, dalam menjalankan moderasi beragama harus bersikap adil dan tidak ekstrim. "Kita bisa pahami, dalam menjalankan moderasi beragama sikap kita harus memposisikan di tengah-tengah tidak ekstrim dalam beragama, karena kuncinya moderasi beragama adalah terciptanya kerukunan dan toleransi antar umat beragama," ujarnya.

Di akhir sambutan, Anam mengajak seluruh peserta FGD yang terdiri dari tokoh masyarakat dan para pemuka agama senantiasa meningkatkan kualitas kehidupan serta kerukunan umat beragama, sebagai salah satu upaya membangun toleransi beragama di . (qom/git) 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO