​Sosialisasi ke 200 Kepala Sekolah, Kota Kediri Siap Laksanakan Transisi PAUD-SD yang Menyenangkan

​Sosialisasi ke 200 Kepala Sekolah, Kota Kediri Siap Laksanakan Transisi PAUD-SD yang Menyenangkan Sosialisasi Transisi PAUD-SD yang menyenangkan oleh Dinas Pendidikan Kota Kediri. Foto: Ist.

KOTA KEDIRI, BANGSAONLINE.com - Pemerintah Kota Kediri melalui dinas pendidikan merespon positif program yang menyenangkan yang diluncurkan oleh Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi (Kemendikbudristek).

Untuk itu, sebanyak 200 kepala sekolah SD negeri dan swasta dilibatkan dalam sosialisasi yang menyenangkan di Ruang Ki Hajar Dewantara , Senin (12/6/2023).

Kepala , Anang Kurniawan, mengatakan gerakan transisi PAUD ke SD yang menyenangkan dimulai sejak tahun ajaran baru.

Menurut dia, transisi yang efektif ialah saat anak tidak perlu banyak melakukan penyesuaian sebagai akibat dari perpindahannya. Selain itu, sosialisasi dilakukan untuk menyamakan persepsi bahwa anak harus bisa membaca, menulis, berhitung (calistung) ketika masuk SD merupakan salah satu konsep yang salah.

“Dalam penerimaan peserta didik baru tidak boleh ada tes calistung (karena itu tidak menyenangkan bagi anak). Selain itu, pesan dari Kemendikbudristek bahwa mulai anak TK hingga SD kelas dua tidak boleh ada penekanan, jadi pembelajaran harus dibuat menyenangkan,” ujarnya.

Dijelaskan Anang, yang harus dibangun dalam diri anak dari PAUD hingga SD yakni kemampuan fondasi terkait agama dan budi pekerti, keterampilan sosial dan bahasa, kematangan emosi yang cukup, pemaknaan belajar yang positif, pengembangan kemampuan motorik dan perawatan diri, serta kematangan kognitif.

Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO