Profil Timnas Argentina, Calon Lawan Indonesia di FIFA Matchday

Profil Timnas Argentina, Calon Lawan Indonesia di FIFA Matchday

SURABAYA, BANGSAONLINE.com - Tim nasional (Timnas) Indonesia akan menghadapi skuad Argentina dalam ajang FIFA Matchday di Stadion Gelora Bung Karno (GBK), Jakarta pada 19 Juni 2023. Pertandingan persahabatan antara Indonesia dan Argentina tersebut merupakan rangkaian dari tur Asia. Pada 15 Juni 2023, Timnas Argentina dijadwalkan akan menantang Tiongkok di Beijing.

Skuad Tango sendiri adalah salah satu tim terkuat di Amerika Selatan dan juga dunia. Tim ini di bawah naungan Asosiasi Sepak Bola Argentina (AFA) yang merupakan badan pengendali untuk sepak bola di Argentina. 

Timnas Argentina yang saat ini dibesut Lionel Scaloni memilih Stadion El Monumental Antonio Vespucio Liberti sebagai markas mereka menjamu lawan. Pada 6 April 2023, tim ini berhasil menduduki peringkat dunia FIFA pada urutan pertama, diikuti Prancis yang ada di posisi ke-2.

Albicelestes (putih dan biru langit), juga dikenal sebagai La Selección (tim nasional), tampil dalam 4 final Piala Dunia, partai pamungkas pertama mereka terjadi di Piala Dunia 1930, saat mereka kalah 4–2 dari tuan rumah Uruguay.

Setelah hampir setengah abad lamanya, Argentina baru merasakan menjadi juara untuk pertama kalinya pada edisi 1978 saat menjadi tuan rumah.

Bermain di Monumental, Buenos Aires, mereka berhasil mengatasi perlawanan Belanda di final dengan skor 3–1. Kala itu Argentina digawangi oleh Daniel Passarella, Mario Kempes dan Osvaldo Ardiles. Kempes sendiri sukses menyarangkan dua gol pada laga yang disaksikan 71.483 penonton tersebut.

Selang 8 tahun kemudian bersama Diego Armando Maradona dan Jorge Valdano bintang mereka pada saat itu, Argentina kembali menggondol gelar juara saat mengalahkan Jerman Barat dengan skor 3–2 pada final Piala Dunia 1986 di Meksiko.

Simak berita selengkapnya ...

Lihat juga video 'Fakta-fakta Unik Lolosnya Indonesia ke Piala Asia 2023':