Ternyata Bukan Hanya Pancasila, Nama Soekarno Juga Berasal dari Bumi Kediri

Ternyata Bukan Hanya Pancasila, Nama Soekarno Juga Berasal dari Bumi Kediri Seorang pengunjung Situs Ndalem Pojok Persada Sukarno saat mengamati piagam yang menyebut perubahan nama Soekarno dari yang sebelumnya Koesno. Foto: Ist

KEDIRI, BANGSAONLINE.com - Ternyata tidak hanya nama sebagai dasar negara yang diyakini berawal dari Bumi , nama juga berasal dari sana. Ada bukunya dan sudah diakui oleh pihak keluarga .

Ketua Persada Sukarno, Desa Pojok, Kecamatan Wates, Kabupaten , Kushartono, menjelaskan bahwa memang awalnya belum banyak yang tahu dan ada juga yang meragukan kalau nama itu dari di Bumi .

"Untuk itulah beberapa kali kita buat forum diskusi. Ada sumber bukunya perubahan nama Koesno menjadi . Dan dalam forum diskusi sudah tidak ada perdebatan, sudah final, apalagi ada pengakuan pihak keluarga, putra Bung Karno,”ujar Kushartono, Jum’at (9/6/2023).

Menurut dia, pengakuan nama yang berasal dari Bumi ini bukan hanya pengakuan lisan, tapi pengakuan resmi dari pihak keluarga, ada pengakuan resmi beserta piagamnya.

"Dalam piagam tersebut tertulis 'Penghargaan setinggi-tingginya diberikan kepada Rumah Masa Kecil Bung Karno dan tempat perubahan nama Koesno menjadi , Desa Pojok, Kecamatan Wates, Kabupaten , Jawa Timur'. Jadi disebutkan dalam piagam penghargaan itu yaitu Desa Pojok Kecamatan Wates Kabupaten . Ini kan Bumi jadi nama dari Bumi ,” paparnya.

Berdasarkan buku-buku, lanjut Kus, memang lahir dengan nama Koesno karena sakit-sakitan nama Koesno kemudian diganti menjadi hal ini disinggung sekilas dalam buku 'Penyambung Lidah Rakyat' karya Cindy Adams.

Lihat juga video 'BI Kediri Gelar Bazar Pangan Murah Ramadhan 2024':


Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO