Sidak ke Sidoarjo, Gubernur Khofifah Pastikan Stok Hewan Kurban di Jawa Timur Aman

Sidak ke Sidoarjo, Gubernur Khofifah Pastikan Stok Hewan Kurban di Jawa Timur Aman Gubernur Khofifah saat sidak ke peternakan One Qolbu Farm di Sidoarjo. Foto: Ist

SIDOARJO, BANGSAONLINE.com - Gubernur melakukan sidak ke peternakan sapi dan kambing One Qolbu Farm di Perum Wahyu Taman, Desa Sarirogo, Kecamatan/Kabupaten , Kamis (8/6/2023). Peninjauan ini dilakukan untuk melihat secara langsung ketersediaan atau stok hewan kurban menjelang Hari Raya 1444 H/2023.

Gubernur menyatakan, pihaknya ingin memastikan stok dan kondisi hewan kurban aman, sehat, baik dan cukup menjelang tahun ini. Aman tersebut tidak hanya bebas dari PMK dan LSD, namun juga secara umur, kesehatan dan kecukupan hewan kurban.

"Kan ada syarat umur dan giginya sudah tanggal, tidak dalam kondisi sakit dan sebagainya," ujarnya.

Ia menambahkan, stok sapi di Jawa Timur yang siap untuk dijadikan hewan kurban saat ini mencapai 1,3 juta ekor lebih. Sedangkan untuk kebutuhannya diprediksi mencapai 54 ribu ekor lebih untuk sapi.

Untuk kebutuhan kambing mencapai 270 ribu ekor, sedang untuk domba 200 ribu ekor. Serta kerbau yang diprediksi membutuhkan 13 ekor dan di Jawa Timur memiliki stok 4 ribu ekor kerbau.

Dari seluruh jumlah kebutuhan masyarakat Jawa Timur untuk tersebut, menegaskan bahwa stok hewan kurban dalam keadaan yang cukup.

"Untuk masyarakat Jawa Timur Insyaallah dapat mendapatkan hewan kurban dengan mudah dan telah memenuhi syarat syar'i-nya serta dalam keadaan sehat dan baik," tuturnya.

Lihat juga video 'Kecelakaan Karambol di Medaeng Sidoarjo, Truk Tabrak Tiga Mobil Hingga Terguling':


Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO