Diet Protein, Ternyata dapat Kurangi Kematian Akibat Gagal Ginjal

Diet Protein, Ternyata dapat Kurangi Kematian Akibat Gagal Ginjal Ilustrasi

SIDOARJO, BANGSAONLINE.com - Penyakit ginjal kronis bisa terjadi ketika ginjal mengalami kerusakan secara bertahap, sehingga tidak dapat menyaring darah dengan baik.

Sebuah riset terbaru menunjukkan, dengan mengubah diet dapat menjadikan diet protein untuk mengurangi resiko kematian pada penderita penyakit ginjal kronis.

Dilansir melalui Antaranews.com dan Medical Daily, sebanyak 37 juta orang dewasa di Amerika Serikat menderita penyakit ginjal kronis. Diantaranya, sering buang air kecil di malam hari, bengkak di sekitar mata, mudah lelah, kurang nafsu makan, kaki bengkak, dan sulit tidur.

Riset lain dari Qidong Ren dan timnya menyebutkan, para peneliti mengevaluasi dari risiko kematian terhadap 3.683 orang dewasa penderita penyakit kronis di AS.

Dalam penelitian tersebut menyebutkan, penderita penyakit kronis memiliki risiko kematian lebih rendah, jika memiliki 30-45 persen sumber energi dari dibandingkan dengan orang yang memiliki 60 persen energi yang berasal dari .

Selain itu, pada riset tersebut juga menemukan, penderita yang mengganti asupan energi dari dengan protein (hingga 30%), atau mengganti gula menjadi non gula (hingga 55%), dapat mengurangi risiko kematian akibat penyakit ginjal kronis.

"Kami mengamati risiko kematian yang lebih rendah dengan asupan yang dikurangi serta mengamati penurunan risiko kematian ketika mengganti dengan protein. Kami juga menemukan bahwa asupan protein lebih tinggi berkaitan dengan menurunnya risiko kematian pada pasien penyakit ginjal kronis," kata Qidong. (rif)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO