Bupati Trenggalek: Upacara Adat Labuh Larung Sembonyo Bisa Jadi Daya Ungkit Ekonomi

Bupati Trenggalek: Upacara Adat Labuh Larung Sembonyo Bisa Jadi Daya Ungkit Ekonomi Bupati Trenggalek, Moch. Nur Arifin, bersama wakilnya, Syah Muhammad Natanegara.

TRENGGALEK, BANGSAONLINE.com - Bupati , Moch. Nur Arifin, menyebut upacara adat Labuh Larung Sembonyo yang digelar setiap tahun di kawasan Teluk Prigi ternyata memiliki daya ungkit ekonomi.

"Ini acara tahunan, acara adat larung sembonyo. Ternyata ketika kita melestarikan adat ada efek ungkit di sektor ekonomi," ujarnya, Sabtu (3/6/2023).

Ia mengatakan bahwa kegiatan ini digelar selama 4 hari dengan menampilkan berbagai atraksi, di antaranya kuliner, fashion yang dirangkai dalam satu karnaval.

“Ini masih tahun pertama festival pantainya, ke depan diharapkan bisa menjadi agenda rutin tahunan yang kemudian bisa mengangkat ekonomi masyarakat. Tujuannya tentu acara adat larung sembonyo menjadi satu momentum menarik, di mana ada budaya sedekah laut yang dilestarikan menjadi atraksi yang menarik bagi masyarakat yang lain," paparnya.

, kata Arifin, memiliki banyak pantai yang menarik serta didukung dengan infrastruktur yang bagus seperti Jalur Lingkar Selatan (JLS), bandara di Kediri, dan tol di perbatasan -Tulungagung.

”Patut disyukuri apa yang sudah dibangun ini dapat berdayaguna bermanfaat untuk masyarakat. Menggerakkan ekonomi khususnya melalui event dan juga pertunjukan seperti ini,” tuturnya.

“Biasanya kunjungan wisata sebanyak 800.000. Sampai per bulan kemarin sudah mencapai 500.000 kunjungan wisatawan. Jadi kita target di atas 1 juta sampai akhir tahun 2023," pungkasnya. (adv/man/mar)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Lihat juga video 'Sakit Hati Gara-Gara Diselingkuhi Istri, Rumah ini Dihancurkan Suami':


Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO