Kepala Dinkes Trenggalek: Anak Stunting itu Juga Manusia, Mereka Berhak Penghidupan Layak

Kepala Dinkes Trenggalek: Anak Stunting itu Juga Manusia, Mereka Berhak Penghidupan Layak Kepala Dinkes Trenggalek, Sunarto, saat memberi pemaparan terkait stunting. Foto: HERMAN SUBAGYO/BANGSAONLINE

TRENGGALEK, BANGSAONLINE.com - Kepala Dinas Kesehatan (Dinkes) , Sunarto, mengatakan bahwa penanganan terhadap merupakan bentuk pengamalan dari dalam .

"Orang-orang yang berketuhanan harusnya bisa mengatasi, bisa berpartisipasi, bagaimana anak ini bisa teratasi," ujarnya dalam giat perempuan berdikari atasi yang digelar pada peringatan Hari Lahir di  Agro Park, Jumat (2/6/2023).

"Bagaimana memanusiakan manusia kemanusiaan yang adil dan beradab. Anak-anak itu juga manusia mereka berhak mendapatkan penghidupan yang layak," imbuhnya.

Menurut dia, anak-anak juga perlu mendapatkan keadilan bersama sebagaimana layaknya sila dalam , bahkan dalam 20 tahun ke depan mereka akan mendapat hambatan dalam mencari ekonomi.

"Oleh karena itu mereka juga harus kita perhatikan, supaya 20 tahun lagi bukan lagi anak-anak tapi anak-anak yang sehat, anak-anak yang cerdas dan membuat lebih maju," paparnya.

Persoalan , kata Sunarto, harus diatasi secara bersama-sama dan berkesinambungan karena tanpa kesinambungan anak-anak tidak akan teratasi dengan baik.

Ia menyebut, angka harapan hidup di mengalami peningkatan yang cukup signifikan yakni berkisar 74 persen. Sementara angka kematian ibu di Kabupaten terbilang sangat rendah.

"Di tempat lain angka kematian bayi bisa seratus lebih, kita berapa 25 (persen) seperti itu," tuturnya.

Orang nomor satu pada Dinas Kesehatan ini kemudian mengatakan, dengan mengatasi secara bersama pada akhirnya juga akan berdampak pada pengentasan kemiskinan. (adv/mar/mar)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Lihat juga video 'Sakit Hati Gara-Gara Diselingkuhi Istri, Rumah ini Dihancurkan Suami':


Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO