Peringati Harlah Pancasila, Bupati Arifin: Jangan Terbebani Hal Ribet Dalam Membangun Trenggalek

Peringati Harlah Pancasila, Bupati Arifin: Jangan Terbebani Hal Ribet Dalam Membangun Trenggalek Upacara Peringatan Harlah Pancasila di Trenggalek. Foto: HERMAN/ BANGSAONLINE

TRENGGALEK, BANGSAONLINE.com - Bupati Trenggalek Moch. mengatakan peringatan tahun 2023 menjadi momentum penting refleksi bagi kita semua.

Hal itu disampaikan Bupati Arifin dalam sambutannya pada upacara peringatan yang digelar di depan Pendopo Kabupaten Trenggalek, Kamis (1/6/2023).

"Kenapa toh Pancasila itu harus ada dan apa maksudnya Pancasila itu?" kata Bupati Arifin.

Ia lalu menjelaskan bahwa dalam literatur sejarah, pada tanggal 29 Mei hingga 1 Juni 1945 dibentuklah suatu Badan Penyelidik Usaha-Usaha Kemerdekaan Indonesia atau atau dalam bahasa Jepang disebut Docuritsu Junbi Cosakai.

"Yang ketika itu diminta oleh pimpinan sidang satu buah pertanyaan, apa dasarnya jika Indonesia merdeka," paparnya.

Setelah berbagai tokoh berbicara dalam sidang tersebut, lanjut Arifin, kemudian giliran Pancasila didengungkan untuk pertama kalinya oleh Soekarno atau Bung Karno.

Dalam peringatan ini, ia mengajak semua elemen masyarakat tidak terbebani dengan hal yang ribet dalam membangun Kabupaten Trenggalek.

Ia juga mengajak masyarakat bersyukur karena memiliki founding father yang telah memberikan fondasi nilai-nilai dalam kehidupan berbangsa dan bernegara.

"Kalau beliau-beliau sudah memperjuangkan yang namanya political independent, maka saat ini yang harus kita perjuangkan adalah politikal konsistensi, konsisten terhadap cita-cita Pancasila itu sendiri," ucapnya. (man/adv)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO