Lepas Jemaah Haji Tuban, Bupati Lindra Berpesan Jaga Kesehatan dan Keamanaan

Lepas Jemaah Haji Tuban, Bupati Lindra Berpesan Jaga Kesehatan dan Keamanaan Bupati Lindra memukul bedug sebagai tanda pelepasan rombongan jemaah haji asal Tuban, Selasa (30/5/2023).

TUBAN, BANGSAONLINE.com - Aditya Halindra Faridzky memberangkatkan 890 jemaah haji yang tergabung dalam kloter 18 dan 19, di depan gedung pemkab setempat, Selasa (30/5/2023).

Sebelum memberangkatkan, Bupati Lindra meminta para jamaah selalu menjaga kesehatan dan keamanan. Terutama saat di taha suci, para jamaah perbanyak minum air putih agar tidak mudah dehidrasi. Sebab, suhu di Mekkah dan Madinah mencapai 41 derajat celcius.

"Waktu 42 hari bukan pendek, saya dan jajaran forkopimda serta kemenag berharap jemaah haji mampu menjaga kondisi kesehatan dengan baik. Lalu tidak memaksakan diri untuk mencium hajar Aswad yang terpenting bisa melaksanakan ibadah haji secara tuntas," pesan bupati termuda di Indonesia ini.

Ditempat yang sama, Kepala Kantor Kementerian Agama (Kemenag) Kabupaten Tuban, Ahmad Munir menjelaskan, jemaah haji yang berangkat tahun ini sebanyak 890 orang.ang. Untuk kloter 18 dan 19 masing-masing 445 jemaah. Sedangkan, kloter 24 merupakan kloter gabungan Kabupaten Lamongan yang akan berangkat tanggal 2 Juni 2023 besok.

"Pada kloter gabungan ini diikuti 327 orang, sehingga jumlah total jemaah adalah 1.217 orang," beber Munir sapaan akrabnya.

Ia merinci, jumlah jemaah haji sebanyak 569 orang dan perempuan sebanyak 648 orang. Kemudian, jemaah haji yang berstatus PNS sebanyak 234 orang.

Ia juga menyebutkan, jemaah tertua bernama Muntamah dengan usia 95 tahun berada di kloter 18 dari Desa Rawasan, Kecamatan Jenu. Sedangkan, jemaah termudah adalah Muhammad Asalin Azzabin Zainul Fatoni usia 20 tahun kloter 19 dari Desa Sambonggede, Kecamatan Merakurak.

"Insya Allah jemaah haji asal Tuban ini akan masuk asrama haji Sukolilo Surabaya direncanakan pukul 19.00 WIB untuk kloter 18 dan pukul 20.00 WIB untuk kloter 19. Menginap satu malam di asrama haji, besoknya sekitar pukul 18.45 WIB terbang dari Bandara Internasional Juanda," jelasnya.

Sebelum pelepasan rombongan jemaah haji, Bupati Lindra telah memberikan cinderamata kepada para jemaah yang diserahkan secara simbolis kepada 20 Ketua Rombongan (Karom) (wan/sis)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO