Tingkatkan Kesadaran Hukum, Kejari Kabupaten Kediri Gelar Jaksa Masuk Sekolah untuk Kepala SMK

Tingkatkan Kesadaran Hukum, Kejari Kabupaten Kediri Gelar Jaksa Masuk Sekolah untuk Kepala SMK Kasi Intelijen Kejari Kabupaten Kediri, Roni, saat memberi pemaparan Jaksa Masuk Sekolah ke para Kepala SMK. Foto: Ist

KEDIRI, BANGSAONLINE.com - Kejaksaan Negeri (Kejari) Kabupaten menggelar program penkum (penerangan hukum), yakni (JMS) di Aula SMK Canda Bhirawa Pare, Kamis (25/5/2023).

Agenda yang dilakukan dalam rangka meningkatkan kesadaran hukum di masyarakat, khususnya lingkungan sekolah, itu menyasar para kepala SMK swasta se-Kabupaten . Dengan diselenggarakan kegiatan ini, para peserta diharapkan memperoleh pengetahuan terkait hukum agar tidak terjadi permasalahan di kemudian hari.

Dalam sambutannya, Kajari Kabupaten Chandra Eka Yustisia, menyampaikan bahwa merupakan program dari Kejaksaan RI dalam rangka meningkatkan kesadaran hukum di masyarakat khususnya di lingkungan sekolah.

"Untuk giat hari ini ditujukan kepada Kepala SMK Swasta se-Kabupaten sebagai peserta. Dengan harapan para peserta dapat lebih memahami pengetahuan hukum dan terhindar dari permasalahan hukum," ujarnya.

Roni, Tim Penkum Kejari Kabupaten , menjadi narasumber memberikan pemaparan materi tentang pengenalan institusi Kejaksaan RI serta tugas, peran, dan fungsinya.

Ia juga menyampaikan tentang pencegahan tindak pidana korupsi di lingkungan sekolah, terutama di tingkat SMK. Misalnya, bentuk-bentuk penyalahgunaan dalam pengelolaan dana operasional sekolah, hingga pungutan liar untuk biaya sekolah.

"Termasuk di dalamnya bentuk-bentuk perbuatan lainnya yang berpotensi melanggar undang-undang tindak pidana korupsi, yaitu Undang-Undang Nomor 31 Tahun 1999 sebagaimana diubah dengan Undang-Undang 20 Tahun 2021," urai pria yang juga menjabat sebagai Kasi Intelijen Kejari Kabupaten itu.

Kegiatan tersebut tidak hanya penyampaian materi oleh tim penkum, juga adanya interaksi tanya jawab langsung oleh peserta kepada narasumber sehingga mudah dalam memahami tentang hukum. Kegiatan Penkum ini diikuti 46 Kepala Sekolah Tingkat SMK Swasta se-Kabupaten didampingi wakil kepala SMK. (uji/mar)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Lihat juga video 'BI Kediri Gelar Bazar Pangan Murah Ramadhan 2024':


Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO