Gubernur Khofifah Ajak Calon Kepala Perwakilan RI Promosikan Potensi Ekonomi Jatim ke Kancah Dunia

Gubernur Khofifah Ajak Calon Kepala Perwakilan RI Promosikan Potensi Ekonomi Jatim ke Kancah Dunia Gubernur Jatim Khofifah Indar Parawansa saat berbincang dengan Calon Kepala Perwakilan RI. Foto: DEVI FITRI AFRIYANTI/ BANGSAONLINE

SURABAYA, BANGSAONLINE.com Indar Parawansa melakukan Courtesy Call bersama Calon Kepala Perwakilan RI yang terdiri dari Calon Duta Besar Luar Biasa dan Berkuasa Penuh (LBBP) dan Calon , di , Surabaya, Selasa (23/5) malam.

Secara khusus, Jawa Timur dipilih oleh RI sebagai satu dari dua provinsi yang didatangi oleh Calon Kepala Perwakilan RI dalam kegiatan bertajuk Lintas Nusantara.

Sebanyak 6 Calon Duta Besar dan 7 Calon hadir dalam audiensi tersebut. Selain itu, dihadiri pula oleh Staf Ahli Bidang Hubungan Antar Lembaga RI Muhsin Syihab dan Kepala Biro Hukum dan Administrasi Kementerian dan Perwakilan RI Pendekar Muda Leonard Sondakh.

Pada kesempatan tersebut, Gubernur mengajak para calon dubes dan konjen yang akan segera dilantik di beberapa negara sahabat tersebut untuk ikut mempromosikan potensi ekonomi Jatim. Sekaligus potensi perdagangan serta produk unggulan dari Jatim di kancah dunia atau internasional.

"Sesuai salah satu prioritas politik luar negeri Indonesia, yaitu diplomasi ekonomi. Maka kami berharap bapak/ibu ikut mempromosikan serta mengenalkan potensi ekonomi dan perdagangan di Jatim," ungkapnya.

Lebih lanjut, juga menjelaskan terkait ekonomi Jawa Timur per triwulan 1-2023 terhadap triwulan 1-2022 (y on y) tumbuh sebesar 4,95%. Sementara ecara triwulanan tumbuh sebesar 1,02% (q to q) lebih tinggi dari pertumbuhan ekonomi Indonesia yang terkontraksi 0,92% (q to q), serta lebih tinggi daripada pertumbuhan triwulan 1 tahun 2022 yang tumbuh sebesar 0,75%.

"Pertumbuhan ekonomi Jawa Timur ini tentunya berkat adanya langkah-langkah strategis dari berbagai pihak. Karenanya, pertumbuhan ini harus terus kita dorong, salah satunya lewat promosi potensi-potensi ekonomi hingga ke pasar internasional," terangnya.

Lebih lanjut, memaparkan potensi-potensi yang dimiliki Jatim. Pertama potensi kekayaan alam yang dimiliki Jatim. Salah satunya adalah yang ada di .

Lihat juga video 'Emak-emak di Surabaya Kecewa Tak Bisa Foto Bareng Jokowi':


Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO