Panen Perdana Padi BK 01-02, Gubernur Khofifah: Ikhtiar Bupati Situbondo Sejahterakan Masyarakat

Panen Perdana Padi BK 01-02, Gubernur Khofifah: Ikhtiar Bupati Situbondo Sejahterakan Masyarakat Gubernur Khofifah didampingi Bupati Situbondo, Karna Suswandi, dan wakilnya, Khoirani dan Forkopimda setempat saat melakukan panen perdana padi BK 01 dan BK 02 Agritan. Foto: SYAIFUL BAHRI/BANGSAONLINE

SITUBONDO, BANGSAONLINE.com - Ikhtiar Bupati , Karna Suswandi, untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat dimulai dengan totalitas memperbaiki produksi pertanian. Inovasi pertanian yang dikreasinya adalah menciptakan virietas unggulan padi BK 01 dan 02 Agritan.

Butuh waktu panjang dan berliku dalam prosesnya, dan saat ini panen perdananya berjalan sukses. Sejumlah pejabat dari pusat, provinsi dan kabupaten hadir pada kegiatan ini. 

Gubernur Jawa Timur, Indar Parawansa, memimpin langsung panan perdana itu. Kegiatan ini dilaksanakan di Dusun Talang, Kelurahan Mimbaan, Kecamatan Panji, , Selasa (23/5/2023)

Saat memberi sambutan, gubernur mengatakan bahwa panen perdana varietas Bk 01 dan 02 adalah bagian dari ikhtiar untuk menyeselasaikan potensi krisis pangan dunia.

"Ikhtiar yang dilakukan 3 tahun lalu, saya rasa Bung Karna mencari solusi untuk peningkatan kesejahteraan masyarakat . Tapi hari ini ternyata menjawab PR Indonesia dan PR dunia," ujarnya disambut tepuk tangan meriah.

menjelaskan, Jawa Timur adalah propinsi urutan pertama di Indonesia dalam produksi beras dan padi tertinggi di indonesia selama 3 tahun berturut. Mulai tahun 2020, 2021, dan 2022.

"Alhamdulillah, itu belum ada BK 01. Belum ada BK 02. Maka setelah BK 01 dab BK 02 keluar keputusan parmentan, mudah-mudahan oktober nanti bisa menjadi bibit yang diluaskan penggunaannya. Maka insyaallah akan memberikan jawaban yang lebih signifikan lagi," paparnya.

Sementara itu, Bupati , Karna Suswandi mengatakan bahwa 60 persen atau mayoritas masyarakat adalah petani. Karena itu untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat , maka yang harus diperhatikan adalah Pertanian.

"Untuk meningkatkan Pendapatan masyarakat sekaligus kesejahteraan masyarakat , yang perlu diperhatikan lebih awal adalah Pertanian. Dan pertanian yang kita perhatikan adalah bagaimana kita memiliki bibit unggul. Karena bibit adalah masa depan para petani". Katanya

Bupati Karna juga memaparkan bahwa hasil lapangan dari hasil panen perdana ini telah menunjukkan peningkatan signifikan. Dan berppotensi penghasilan produksi sampai 220 persen per tahun.

Lihat juga video 'Mobil Pikap Pengangkut Cabe Terguling di Jalur Pantura Situbondo':


Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO