Kapolres Gresik Terjunkan 524 Polisi RW

Kapolres Gresik Terjunkan 524 Polisi RW Kapolres Gresik, AKBP Adhitya Panji Anom, ketika memasang pita kepada anggota yang bertugas menjadi Polisi RW. Foto: SYUHUD/BANGSAONLINE

GRESIK, BANGSAONLINE.com - Kapolres , AKBP Adhitya Panji Anom, memimpin Apel Gelar Polisi RW, Senin (22/5/2023). Kegiatan ini untuk mendukung program Kapolri, Jenderal Pol Listyo Sigit Prabowo tentang Polisi RW untuk mendekatkan petugas dengan masyarakat.

Polisi diharapkan bisa lebih maksimal hadir dan berada bersama masyarakat. Kapolres menyampaikan, program ini untuk mendapatkan informasi langsung kejadian dan apa yang menjadi harapan dan keinginan masyarakat dalam rangka Harkamtibmas.

Langkah ini sebagai upaya melaksanakan problem solving terhadap permasalahan yang terjadi di lingkungan RW, sehingga dapat menekan tindak kriminalitas dan mampu meningkatkan crime clearance secara nasional.

"Sebagai upaya meningkatkan keberhasilan polisi perlu adanya sinergitas dengan melibatkan pemangku kepentingan di tingkat desa meliputi Bhabinkamtibmas, Babinsa, perangkat desa dan struktur pranata sosial lainnya yang ada di lingkungan RW," ucapnya.

Ia menyebutkan, Kabupaten terdapat 330 desa dan 26 kelurahan serta 2068 RW tersebar di 18 kecamatan. Dalam mendukung program Polisi RW, Polres telah menugaskan sebanyak 524 anggota sebagai Polisi RW. Mereka terdiri dari personel bag, sat dan sie serta polsek jajaran.

Mengacu TR Petuntuk Direktorat Binmas agar Polres mengisi 40% dari jumlah RW yang ada di Kab . Namun, dengan keterbatasan jumlah personel baru terisi 27%. Kedepan akan dilakukan revisi perubahan.

Menurut kapolres, dalam pelaksanaan tugas Polisi RW bukan soal pangkat, jabatan, apalagi tunjangan, tapi tentang manfaat.

"Sebaik-baiknya orang adalah orang yang bermanfaat bagi orang lain," pesannya.

Ia meminta kepada semua anggota melakukan tugas dengan ikhlas dan bertanggung jawab. Minimal 1 minggu sekali wajib hadir di tempat RW tempat bertugas, memberikan kartu nama kepada Ketua RW, nomor hp dan masuk group media sosial (medsos) di tingkat RW masing-masing.

"Kami meminta melaporkan kegiatannya secara rutin kepada kapolres melalui Kasat Binmas," pungkasnya. (hud/mar)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Lihat juga video 'Viral! Video Manusia Menikahi Kambing di Gresik, Bupati Mengecam: Jahiliyah!':


Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO