Peringati Harkitnas ke-115, Gus Ipul Sampaikan Semangat Untuk Bangkit Menuju Indonesia Emas 2045

Peringati Harkitnas ke-115, Gus Ipul Sampaikan Semangat Untuk Bangkit Menuju Indonesia Emas 2045

KOTA PASURUAN - BANGSAONLINE.com - Upacara peringatan Hari Kebangkitan Nasional (Harkitnas) ke-115, dengan tema “Semangat Untuk Bangkit” dilaksanakan Pemerintah Kota (Pemkot) di lapangan depan BKD, Senin (22/05/2023).

Pada kesempatan ini, Wali Kota Saifullah Yusuf selaku inspektur upacara membacakan sambutan Menteri Komunikasi dan Informatika (Menkominfo) RI bahwa pada 20 Mei 1908 dibentuk barisan persatuan oleh Boedi Oetomo yang menjadi pemantik bagi kekuatan Indonesia dalam menjalani tantangan di era yang sulit, baik pada masa pra-kemerdekaan maupun pasca-kemerdekaan.

“Di masa ini, di saat kemerdekaan telah kita raih, barisan perjuangan kita harus tetap rapat, erat, dan terus maju bergerak, mengobarkan api “Semangat Untuk Bangkit” demi mewujudkan Indonesia Emas 2045,” ujar wali kota.

Badan Kesehatan Dunia (WHO) pada 5 Mei 2023, telah mengumumkan secara resmi bahwa status darurat kesehatan global untuk pandemi COVID-19 telah dicabut. Wali Kota yang akrab disapa mengatakan kita patut bersyukur karena dunia telah melalui krisis COVID-19.

“Selama tiga tahun terakhir, di tengah kekurangan, tantangan, dan masalah yang kita hadapi bersama. Rakyat Indonesia terbukti tetap erat dalam melaksanakan penanganan pandemi COVID-19 sekaligus untuk memulihkan perekonomian bangsa. Hal ini menjadi momentum untuk memaknai Harkitnas ini sebagai upaya membangun semangat kebangsaan untuk bangkit pasca pandemi,” kata

Hari Kebangkitan Nasional hari ini, lanjut , juga dimaknai dengan peringatan perjuangan bersama. Kementerian, lembaga, pemerintah daerah, akademisi, sektor swasta, komunitas, pers, hingga semua elemen bangsa saling bahu-membahu bekerja sama dalam menerapkan nilai-nilai persatuan dan kesatuan untuk mewujudkan kebangkitan bangsa dari berbagai krisis global, baik kesehatan, perekonomian, maupun geopolitik.

“Data Badan Pusat Statistik (BPS) menunjukan bahwa perekonomian Indonesia di 2022 tercatat tumbuh 5,31%. Jauh meningkat dari pertumbuhan di 2021 bahkan melebihi capaian pertumbuhan sebelum masa pandemi di 2019. Pertumbuhan ekonomi Indonesia di triwulan satu tahun 2023 pun masih tercatat terus bertumbuh sebesar 5,03%. Menunjukkan performa yang lebih baik dari periode triwulan empat tahun 2022 yang tumbuh sebesar 5,01%,” paparnya

Kepiawaian Indonesia dalam memimpin forum internasional yakni G20 di tengah krisis dunia menjadi salah satu kebangkitan Indonesia. Presidensi G20 Indonesia di 2022 dengan tema “Recover Together, Recover Stronger” telah membawa harum nama Ibu Pertiwi dalam mendorong semangat bangkit di tingkat dunia

Lihat juga video 'Penuhi Air Bersih Warga, Pemdes Krandegan Sukseskan Program SPAM dari PUPR':


Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO