Mensos Risma Dorong Pesantren Perkuat Ekonomi

Mensos Risma Dorong Pesantren Perkuat Ekonomi

MOJOKERTO, BANGSAONLINE.com RI harini menghadiri Kopdar Nasional 14 Tahun Teropong Gosong di Pondok , Sabtu (20/5/2023).

Saat sambutannya, Menteri menekankan pentingnya penguatan ekonomi bagi santri-santri pondok pesantren.

Ia juga mempersilakan peserta kopdar untuk sharing tentang keperluan pesantren. "Apa yang perlu kami bantu?," tanya .

Mendapat pertanyaan itu, salah satu kiai yang menjadi peserta kemudian mengusulkan platform digital bernuansa ahlussunah wal jamaah (aswaja). Sebab, selama ini pesantren masih kurang memanfaatkan media sosial.

Sementara peserta lain berharap Menteri langsung memberikan bantuan konkret bagi pesantren. Misalnya, memberikan bantuan penyediaan sarana air minum yang bisa diminum langsung oleh santri melalui keran.

"Konkret saja Bu Menteri, kami minta air minum langsung dari keran. Hal ini bertujuan untuk memudahkan akses minum bagi para santri yang tidak memiliki waktu luang saat lapar," pinta peserta tersebut.

Mendapat permintaan, Menteri berjanji akan mengabulkan sejumlah permintaan yang disampaikan peserta. Bahkan pihaknya sudah menyiapkan bantuan ayam petelur, sehingga pesantren bisa swadaya untuk menyiapkan bahan makan.

"Kami juga berencana untuk memberikan bantuan modal kepada pesantren agar mereka dapat merangkul harga distributor dan menjual produk dengan harga yang lebih terjangkau," tambah mantan Wali Kota Surabaya itu.

Turut hadir dalam acara itu, Ketua Umum PBNU KH. Yahya Cholil Staquf, Direktur Utama Perum Perhutani Pahala Nugraha Mansyuri, Holding PTPN III Wahyu Kuncoro, Rais Syuriah dan Tanfidziah PCNU Kabupaten Mojokerto, serta Kiai dan Bu Nyai di Kabupaten Mojokerto. (ris/rev)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Lihat juga video 'Emak-emak di Surabaya Kecewa Tak Bisa Foto Bareng Jokowi':


Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO