Harkitnas, Optimis Jatim Bangkit, Khofifah Semangati Masyarakat Jatim Hadapi Tantangan Global

Harkitnas, Optimis Jatim Bangkit, Khofifah Semangati Masyarakat Jatim Hadapi Tantangan Global

SURABAYA, BANGSAONLINE.com - Bertepatan dengan peringatan Hari Kebangkitan Nasional (), Gubernur Jawa Timur, Indar Parawana menyampaikan tantangan ke depan yang dihadapi masyarakat dunia saat ini bukan lagi pandemi Covid-19. Dalam proses kebangkitan saat ini yang diperlukan ialah semangat optimisme dalam menghadapi tantangan ke depan yang semakin kompleks.

"Badan Kesehatan Dunia (World Health Organization/WHO) secara resmi mengumumkan status Public Health Emergency of International Concern (PHEIC) atau darurat kesehatan global untuk Covid-19 dicabut, tantangan selanjutnya juga tak kalah berat," ujar Gubernur di halaman Gedung Negara Grahadi, Sabtu (20/05/2023).

Tantangan yang dihadapi warga dunia saat ini ialah masalah krisis pangan, krisis energi, perubahan iklim, serta krisis keuangan yang kini dihadapi sejumlah negara di dunia.

“Perubahan ini memiliki pengaruh dan dampak yang luar biasa terhadap ekosistem global. Yang kemudian juga memberikan dampak langsung terhadap ekosistem nasional dan ekosistem lokal. Untuk itu semangat dan optimisme kebangkitan ini harus kita perkuat untuk menghadapi berbagai tantangan global tersebut,” kata .

mebeberkan, dalam menghadapi tantangan tersebut butuh inovasi, kolaborasi, dan sikap yang adaptif terhadap segala perubahan yang terjadi. Belajar dari pandemi Covid-19 yang juga melanda seluruh negara di dunia, persoalan global tersebut harus diselesaikan secara bersama-sama melalui kolaborasi dan langkah konkret bersama.

“Dari pandemi Covid-19 kita belajar bagaimana kita bisa bersama-sama tumbuh dan bangkit menjadi lebih hebat dan lebih kuat. Untuk itu, mari maksimalkan seluruh kolaborasi, mari maksimalkan seluruh sinergi, dan mari maksimalkan seluruh potensi yang kita miliki,” kata Gubernur.

Lihat juga video 'Emak-emak di Surabaya Kecewa Tak Bisa Foto Bareng Jokowi':


Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO