Rakor, Wali Kota Abu Bakar Berharap Smart City Bisa Ubah Peradaban Kota Kediri

Rakor, Wali Kota Abu Bakar Berharap Smart City Bisa Ubah Peradaban Kota Kediri Abdullah Abu Bakar, Wali Kota Kediri. Foto: Ist.

KOTA KEDIRI, BANGSAONLINE.com - Rapat Koordinasi Pelaksanaan Smart City Kota Kediri tahun 2023 yang digelar di ruang pertemuan BKPSDM dipimpin langsung oleh Wali Kota , Jumat (19/5/2023).

Rakor tersebut mendatangkan narasumber Muhammad Sidiq, Dosen Udinus Semarang sekaligus Direktur Utama Udinustek, dan Nana Storada Dwi Martadi, juga Dosen Udinus.

Dalam arahannya, Wali Kota Abu Bakar menekankan bahwa smart city bukan sekadar tata kota yang canggih, melainkan konsep dan desain yang bertujuan memudahkan masyarakat dalam mengakses pelayanan publik.

"Hal ini juga termasuk dalam memanfaatkan sumber daya yang ada agar efisien dan efektif," jelas , sapaan .

Menurutnya, Pemerintah Kota Kediri bisa membuat smart city ini dua arah, yakni dengan menampung feedback masyarakat terkait apa yang dilakukan oleh pemerintah dan instansi samping lainnya.

"Jadi smart city dibuat tidak sebatas layanan dasarnya saja, lalu berhenti begitu saja tanpa ada kelanjutannya. Konsepnya tidak seperti itu, karena smart city ini bila diibaratkan seperti anak kecil yang sedang bertumbuh, sehingga setiap ada ilmu baru harus dicoba diaplikasikan," tambahnya.

Ia berharap smart city bisa mengubah peradaban Kota Kediri menjadi lebih baik. Mengingat, Kota Kediri bukan kota yang besar.

"Namun paling tidak dengan mengusung smart city, Kota Kediri menjadi kota yang lengkap. Jadi orang yang tinggal di sini bisa nyaman. Saya juga berharap dimulai dari Pemkot Kediri, semua pelayanan yang awalnya berbasis manusia ini bisa diubah ke sistem," imbuhnya.

Turut hadir dalam acara ini Kepala Diskominfo Kota Kediri Apip Permana, , dan Tim Pelaksana Smart City di Kota Kediri. (uji/rev)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO