Pecah Rekor, Misi Dagang dan Investasi Jatim di Hong Kong Catatkan Transaksi Rp1,101 Triliun

Pecah Rekor, Misi Dagang dan Investasi Jatim di Hong Kong Catatkan Transaksi Rp1,101 Triliun Gubernur Khofifah saat memimpin Misi Dagang dan Investasi Jatim di Hong Kong.

HONG KONG, BANGSAONLINE.com - Misi Dagang dan Investasi Jawa Timur yang dipimpin Gubernur di sukses memecahkan rekor dengan total transaksi Rp1,101 triliun. Bertempat di Hotel Regal , Senin (15/5/2023), kegiatan ini mempertemukan pelaku usaha Jatim dan

Misi tersebut juga berhasil menarik pembeli dari Mainland China. Adapun transaksi yang berhasil dilepas ialah komoditi produk olahan kopi, produk pertanian, fesyen, produk makanan, ikan beku, aneka keripik buah, alpukat mentega, manggis, mete, bakso, marinated steak, cilembu, kelapa, dan sarang burung wallet. 

Transaksi terbesar yaitu komoditi kelapa antara CV Illoed Jaya Nusantara dengan Feihuang Weida senilai Rp864 miliar dengan kontrak selama 1 tahun. Diikuti sekitar 200 peserta yang terdiri dari Delegasi Provinsi Jatim, jajaran KJRI , dan sejumlah pelaku usaha yakni 35 Pelaku Usaha dari Provinsi Jatim dan 30 pelaku usaha dari .

menjelaskan, berbagai inovasi dan kolaborasi terus dilakukan untuk mengakselerasi peningkatan kinerja sumber pertumbuhan ekonomi, termasuk investasi dan nilai ekspor. Untuk itu, misi dagang dan investasi di ini memiliki peran strategis untuk meningkatkan nilai investasi dan perdagangan di Jatim.

Sebelumnya, Misi Dagang dan Investasi juga sukses dilaksanakan di Riyadh, Arab Saudi pada November 2022, Kuala Lumpur, Malaysia pada Desember 2022, dan Dili, Timor Leste pada Maret 2023. Gubernur menyebut, selama periode 2010 sampai 2022 menduduki peringkat ketujuh dalam daftar Negara asal investor di Jawa Timur dengan total capaian realisasi investasi sebesar US$. 1.353.100.000.

“Untuk itu kami berharap setelah kami menggelar langsung misi dagang dan investasi Jatim di ini, akan ada peningkatan nilai investasi di Jatim. Dan tentunya juga ada peningkatan nilai perdagangan antara Jatim dan ,” tuturnya.

mengatakan, selama lima tahun terakhir realisasi investasi Jawa Timur menunjukkan tren pertumbuhan yang positif. Hal ini dibuktikan dengan adanya capaian realisasi yang signifikan sepanjang Tahun 2022 mencapai Rp110,3 Triliun. Realisasi investasi Jawa Timur pada sepanjang tahun 2022 secara y-o-y meningkat sebesar 38,8 persen dibandingkan periode yang sama tahun sebelumnya.

“Hal yang cukup menggembirakan adalah sepanjang tahun 2022 capaian realisasi Jawa Timur didominasi oleh Penanaman Modal Asing (PMA) yang lebih besar dibandingkan Penanaman Modal Dalam Negeri (PMDN) dengan peningkatan jumlah PMA sampai dengan 66,7 persen dibandingkan tahun 2021,” katanya.

Selain meningkatkan nilai investasi, misi dagang dan investasi di Jatim ini diharapkan dapat meningkatkan nilai perdagangan dan Jatim. Hal ini dikarenakan neraca perdagangan antara Provinsi Jatim dengan selama kurun waktu 2018-2022 menunjukkan trend fluktuatif bagi Jatim.

Pertumbuhan ekspor Jawa Timur ke menguat pada tahun 2022 sebesar 74,63 persen. Sedangkan dari sisi impor, signifikansi bagi Jawa Timur dapat dilihat dari menguatnya posisi yang masuk ke dalam enam besar negara asal impor Jawa Timur pada tahun 2022.

“Untuk itu kami mengundang para investor dan buyer dari untuk sesegera mungkin datang ke Jawa Timur untuk melihat langsung potensi kerjasama dan investasi yang bisa dilakukan di Jatim. Sehingga ada penguatan komunikasi dan kolaborasi yang diikuti transaksi perdagangan dan investasi signifikan,” katanya.

Ditegaskan , Misi Dagang dan Investasi ini merupakan upaya fasilitasi untuk mempertemukan para pelaku usaha dari Jawa Timur dan negara mitra dalam menyebarluaskan potensi produk industri, perdagangan, dan peluang investasi lainnya secara terintegrasi.

terus melakukan berbagai upaya perluasan jaringan pasar, baik dalam upaya peningkatan kerjasama dengan Negara Mitra maupun upaya peningkatan daya saing produk unggulan dalam negeri. Sehingga dalam misi dagang ini kami harap akan ada kontrak dagang antara pelaku usaha Jatim dengan buyer ,” katanya.

Lihat juga video 'Warga Kota Pasuruan Berebut Minyak Goreng Curah Saat Gubernur Jatim Pantau Operasi Pasar':


Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO