KPU Kabupaten Kediri Catat Bacaleg Partai Garuda dan PKN yang Paling Sedikit

KPU Kabupaten Kediri Catat Bacaleg Partai Garuda dan PKN yang Paling Sedikit Partai Buruh Kabupaten Kediri saat mendaftarkan Bacalegnya di KPU. Foto: MUJI HARJITA/BANGSAONLINE

KEDIRI, BANGSAONLINE.com - DPC Garuda Kabupaten dan menjadi partai yang paling sedikit mendaftarkan bakal calon legislatif (Bacaleg) ke , yakni masing-masing 4 orang. Disusul Partai Buruh yang mendaftarkan 13 orang, Partai Gelora mengajukan 28 Bacaleg, dan PSI mengajukan 40 Bacaleg.

Sedangkan Hanura, PDIP, NasDem, PKS, PAN, PPP, Partai Ummat, Perindo, PBB, PKB, Gerindra, Golkar dan Demokrat, semuanya bisa mengajukan atau mendaftarkan 50 Bacaleg sesuai jumlah kursi di DPRD Kabupaten .

Komisioner Kabupaten Divisi Teknis Penyelenggaraan Pemilu, Anwar Ansori, mengatakan bahwa sampai pendaftaran Bacaleg DPRD Kabupaten ditutup pada Minggu (14/5/2023) pukul 23.59 WIB, sudah diterima pendaftaran Bacaleg dari 18 partai politik peserta .

"Keseluruhan diterima dari 18 Partai Politik peserta pemilu 2024, sebanyak 739 Bakal calon anggota DPRD Kabupaten ," ujarnya, Senin (15/5/2023).

Dari penerimaan pengajuan, kata Anwwar, 17 partai politik telah mengajukan melalui silon. Sedangkan 1 parpol yaitu Partai Gelora, mengajukan tidak menggunakan silon karena terdapat kendala dalam hal input ke silon.

" Kabupaten memberikan waktu 2 x 24 jam untuk melanjutkan proses input silon (Partai Gelora) sesuai ketentuan surat dinas nomor 476," tuturnya.

Ia menambahkan, Kabupaten dalam tahapan pencalonan telah dibuka pengajuan bakal calon anggota DPRD Kabupaten pada 1-14 Mei 2023. Dalam kurun waktu 1 - 9 Mei 2023, kehadiran parpol di kantor masih dalam konsultasi terhadap persyaratan yang harus dilengkapi.

" Kabupaten baru menerima pengajuan (pendaftaran) Bakal Calon Anggota DPRD (BCAD) pada hari ke 10 yaitu pada tanggal 10 Mei sampai hari penutupan tanggal 14 Mei 2023 pukul 23.59 WIB," pungkasnya. (uji/mar)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Lihat juga video 'BI Kediri Gelar Bazar Pangan Murah Ramadhan 2024':


Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO