Peringati Hari Keluarga Internasional, Gubernur Khofifah Ajak Perkuat Ketahanan Keluarga

Peringati Hari Keluarga Internasional, Gubernur Khofifah Ajak Perkuat Ketahanan Keluarga

HONG KONG - BANGSAONLINE.com - Hari Keluarga Internasional yang diperingati setiap 15 Mei dijadikan momentum oleh Gubernur Khofifah dengan mengajak segenap masyarakat untuk memperkuat ketahanan keluarga atau family resilience.

Utamanya pada era perkembangan teknologi dan makin pesatnya kemajuan digitalisasi. Yang mana perubahan ini harus diakui memiliki sisi positif serta juga mempunyai dampak negatif jika tidak disikapi dengan baik dan bijak.

“Kemajuan teknologi membawa dampak yang luar biasa pada aspek kehidupan tanpa terkecuali. Digitalisasi memunculkan beragam persoalan baru yang harus kita waspadai. Untuk itu ketahanan keluarga memiliki peran yang sangat penting untuk membangun perlindungan diri dari unit terkecil yakni keluarga,” ujar Gubernur Jatim di sela kunjungan kerjanya di Hong Kong, Senin (15/5).

Mantan Menteri Sosial RI mengatakan, keluarga adalah unit terkecil dalam kehidupan sosial dan bermasyarakat. Dari keluarga, terbangun komunikasi dan interaksi antar anggota. Tidak hanya itu, keluarga merupakan sumber utama pendidikan bagi anak.

“Pada dasarnya titik rentan dari kekuatan seseorang adalah terletak pada rantai terlemah. Ibarat rangkaian, kekuatan rantai ditentukan oleh mata rantai terlemah, bukan mata rantai terkuat. Jika ada satu saja rantai yang lemah, maka putuslah yang sebetulnya punya kekuatan itu. Nah itulah pentingnya keluarga sebagai salah satu sumber kekuatan kita dalam membangun perlindungan diri,” katanya.

Menurutnya, perayaan Hari Keluarga Internasional ini memiliki tujuan untuk mengingatkan bahwa pentingnya peran keluarga. Keluarga menjadi tempat dimana seseorang berasal dan berkumpul.

Lihat juga video 'Emak-emak di Surabaya Kecewa Tak Bisa Foto Bareng Jokowi':


Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO