Tambang Gunung Kapur di Desa Prupuh Gresik Membahayakan

Tambang Gunung Kapur di Desa Prupuh Gresik Membahayakan Kondisi penambangan bukit kapur di Desa Prupuh, Kecamatan Panceng. FOTO: SYUHUD/BANGSAONLINE.

GRESIK, BANGSAONLINE.com - Areal tambang bukit kapur di Desa Prupuh, Kecamatan Panceng, Kabupaten , membahayakan.

Sebab, areal tambang yang masih aktif ini sering terjadi longsor. Sehingga, sangat mengancam keselamatan, baik pekerja tambang maupun lingkungan dan masyarakat sekitar.

Kejadian longsor bukit kapur di desa tersebut salah satunya terjadi pada Jumat, 12 Mei 2023. Beruntung, peristiwa itu tidak menimbulkan korban luka maupun jiwa. Sebab, saat insiden para pekerja sedang istirahat.

Longsor bukit kapur di Desa Prupuh tersebut sempat viral usai video insiden tersebut diunggah di media sosial (medsos). Video itu menarik perhatian netizen.

Operator alat berat, Roni menyebutkan, kronologi longsor bukit kapur di areal tambang Desa Prupuh. Saat terjadi peristiwa nahas itu, sopir dan operator sedang beristirahat, sehingga tidak ada korban jiwa.

"Ya, benar. Kejadian longsor terjadi sekitar jam 2 siang pada hari Jumat kemarin," ucapnya, Minggu (14/5/2023), kemarin.

Ia menyatakan, di wilayah tambang bukit kapur Desa Prupuh sering dilakukan penambangan. Bukit kapur yang sebelumnya terlihat kokoh dan stabil, kini mulai mengalami erosi. Kondisi ini yang membuat terjadinya longsor.

Lihat juga video 'Viral! Video Manusia Menikahi Kambing di Gresik, Bupati Mengecam: Jahiliyah!':


Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO