30 Caleg PKB Kota Batu Daftar ke KPU

30 Caleg PKB Kota Batu Daftar ke KPU Ketua DPC PKB Kota Batu, Nurochman, ketika menyerahkan berkas caleg ke KPU. Foto: AGUS SALIMULLAH/BANGSAONLINE

KOTA BATU, BANGSAONLINE.com - Terdapat 30 calon legislatif dari mendaftarkan diri ke Kota , Sabtu (13/5/2023). Mereka naik 11 Dokar diiringi trebangan dari Kantor DPC Kota menuju kantor di Jalan Sultan Agung.

Rombongan dipimpin langsung Nurochman, Ketua DPC Kota . Mereka diterima Mardiono, Ketua Kota beserta anggotanya, antara lain Thomi Rusy, Marlina, Heru Joko P, dan Erfanudin di lantai 2 kantor D Kota Jalan Sultan Agung.

Ketua D Kota , Mardiono mengungkapkan, berkas 30 Caleg Kota dinyatakan lengkap. Mereka terdiri Dapil 1 sebanyak 7 caleg, 2 ada 7 caleg, 3 sebanyak 9 caleg, dan 4 sebanyak 7 caleg. Dari 30 caleg, 30 persen adalah caleg perempuan.

Sementara itu, Nurochman, Ketua DPC Kota mengungkapkan, rata-rata caleg saat ini dari wajah baru. Namun, lima caleg yang mendaftarkan diri adalah wajah lama yang merupakan anggota Fraksi di DPRD Kota .

Yang menarik, ada empat caleg "naturalisasi" yang bergabung dengan . Mereka tidak serta Merta bergabung begitu saja namun melalui proses yang panjang. Salah satu caleg dari Dapil 1 yang merupakan wajah baru adalah seorang pendeta bernama Johanes C yang sebelumnya bergabung dengan PSI.

Ditanya tentang target kursi di DPRD Kota , Nurochman yang juga Wakil Ketua DPRD Kota ini menyebut minimal 7 kursi. Jika ini tercapai, kata dia, maka di kontestasi Pilkada 2024 mendatang Kota bisa mencalonkan sendiri wakilnya sebagai Walikota .

"Jika dinyatakan menang di Pileg Februari 2024 mendatang, maka kami akan running di Pilkada. Tentu koalisi dengan parpol lain adalah suatu keniscayaan karena untuk membangun Kota kami tidak bisa sendiri," terangnya.

Yang unik, pada saat yang bersamaan, selain , partai Gerindra juga ikut mendaftarkan calegnya ke . Tak ayal, para caleg dua parpol yang di tingkat nasional sudah berkoalisi ini saling bersalaman dan bahkan foto bersama.

Hingga Sabtu (13/5/23), sudah ada 8 parpol yang mendaftar ke , antara lain PDI-P, Nasdem, PKS, PAN, PBB, , Gerindra, dan PPP. (asa/mar)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Lihat juga video 'Balita Perempuan Disiksa Calon Bapak Tiri':


Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO