Hari Jadi Kabupaten Mojokerto ke-730, Bupati Ikfina Beberkan 35 Penghargaan

Hari Jadi Kabupaten Mojokerto ke-730, Bupati Ikfina Beberkan 35 Penghargaan Bupati Mojokerto, Ikfina Fahmawati, saat tampil sebagai inspektur upacara. Foto: NINA PUJI RAHAYU/BANGSAONLINE

MOJOKERTO, BANGSAONLINE.com - Puncak peringatan Hari Jadi Kabupaten ke-730 yang jatuh pada 9 Mei 2023 berlangsung spektakuler. Penumpasan pemberontakan perwira Majapahit, Ra Kuti oleh Mahapatih Gajah Mada hingga naiknya Tribhuwana Tunggadewi menjadi penguasa ketiga Kerajaan Majapahit menjadi pamungkas seabrek kegiatan menjelang agenda tersebut.

Puluhan seniman profesional, guru dan pelajar dari empat SMP Negeri di Kabupaten sukses melakonkan drama tari kolosal peristiwa bersejarah yang ditulis dalam kitab Pararaton ini. Mereka dari SMPN Puri 1, SMPN 1 Dawarblandong, SMPN 2 Gedeg, dan SMPN 1 Dlanggu. Anang Susilo, guru seni budaya menjadi salah satu dari koreografer lakon ini.

Aksi heroik Gajah Mada era 1328-1350 M disaksikan ratusan tamu undangan mulai dari Kasal, Danpasmar, Forkopimda Kabupaten , kepala organisasi perangkat daerah hingga camat dan kades.

Bupati , Ikfina Fatmawati, yang tampil dengan kebaya adat Jawa tak kalah bersemangat. Ia tampak bersemangat baik ketika berpidato maupun saat tampil sebagai inspektur upacara hari jadi didepan Aparatur Sipil Negara (ASN) yang mengusung tema 'Bersatu dan berkarya untuk maju lebih cepat'. Demikian ketika menyerahkan berbagai penghargaan lomba hari jadi yang diketahui Sekda Kabupaten , Teguh Gunarko.

"Saya mengajak seluruh elemen masyarakat, untuk dapat bekerja keras bersama-sama guna bersatu dan berkarya di era baru setelah beberapa tahun yang lalu negara Indonesia harus berperang dengan covid-19, " tuturnya.

Secara langsung Bupati menyerahkan berbagai penghargaan kepada masyarakat. Mulai dari kepala desa, dalam even prosentase Posyandu tertinggi, penghargaan PKK, pengucapan sumpah amukti Palapa secara virtual, penghargaan tertib ukur perusahaan, penghargaan tertib ukur pasar. Berikutnya penyerahan berita acara sarana prasarana pengembang, lomba festival musik patrol, penghargaan lomba Kasal Cup Festival Champions, dan apresiasi lomba dayung piala bersama Bupati dan Danpasmar.

Saat menyampaikan pidato, Bupati Ikfina menekankan agar peringatan hari jadi Kabupaten dapat menjadi momen untuk menyatukan hati, jiwa, cipta, rasa, dan karsa dari berbagai elemen untuk menggapai cita-cita bersama Kabupaten . Maka, di hari jadi Kabupaten Ia menilai, dapat menjadi momen penyemangat untuk mewujudkan kesejahteraan dan kemakmuran masyarakat Kabupaten .

"Dengan semangat baru dan hati yang teguh dalam keyakinan, kukuh dalam kebersamaan, saya mengajak segenap masyarakat Kabupaten untuk melanjutkan perjuangan dan cita-cita para pemimpin terdahulu yang telah mengabdikan diri membangun Kabupaten kita tercinta ini, agar karya maupun prestasi yang telah ditorehkan selama ini semua bermanfaat bagi masyarakat," bebernya.

"Sehingga melalui momentum Hari Jadi ke-730 ini semoga dapat menjadi semangat baru untuk mewujudkan yang lebih maju dari Kabupaten yang kemarin, semakin bersatu dalam keanekaragaman, terus berkembang, dan semakin beruntung dalam segala aspek kehidupan baik dalam segi kesejahteraan masyarakat, perekonomian, pembangunan, pendidikan, kesehatan dan lain-lain," ujarnya.

Pada kesempatan ini pula, orang nomor satu dilingkup Pemerintah Kabupaten juga menjelaskan beberapa penghargaan yang telah diraih oleh Kabupaten antara lain:

1. Penghargaan Top BUMD Award tahun 2022 kategori bintang 4 untuk BPR Majatama.

2. Penghargaan kepada bupati mojokerto sebagai Top pembina BUMD BPR Majatama tahun 2022.

3. Penghargaan kabupaten layak anak kategori madya tahun 2022.

4. Penghargaan opini WTP atas Laporan Keuangan Pemerintah Daerah (LKPD) tahun anggaran 2021.

5. Penghargaan peringkat pertama pengajuan rekomendasi kegiatan statistik se-Jawa Timur tahun 2021.

6. Penghargaan BKN Award Provinsi Jawa Timur tahun 2022 kategori manajemen ASN terbaik.

7. Penghargaan kepada Bupati sebagai pembina penyuluh kehutanan oleh Gubernur Jawa Timur.

8. Penghargaan kabupaten/kota terbaik percepatan stop buang air besar sembarangan (ODF) tahun 2022.

9. Penghargaan Universal Health Coverage (UHC) 2023.

10. Penghargaan nirwasita tantra dari Kementerian Lingkungan Hidup (KLHK) Republik Indonesia.

11. Desa berseri tingkat Pratama dari Pemerintah Provinsi Jawa Timur untuk Desa Sooko, Kecamatan Sooko dan Desa Pohjejer, Kecamatan Gondang.

12. Adiwiyata tingkat nasional untuk SMPN 2 Sooko dan SMPN 2 Trowulan.

13. Terbaik pertama perolehan metadata statistik tingkat Jawa Timur tahun 2021 dan 2022.

14. Terbaik pertama perolehan rekomendasi statistik tingkat jawa timur tahun 2021 dan 2022.

15. Penghargaan Lencana Jer Basuki Mawa Beya Emas untuk kategori kepala daerah peduli pengembangan kompetensi SDG’s pada ASN Achievement Award Provinsi Jawa Timur tahun 2022.

16. Penghargaan Gubernur Jawa Timur untuk kategori kelembagaan dalam penyelenggaraan pengembangan kompetensi SDG’s pada ASN achievement award Provinsi Jawa Timur tahun 2022.

Lihat juga video 'Pandemi, Ketua TP PKK Kabupaten Mojokerto Ajak Anggotanya Peduli Sesama':


Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO