Bupati Lamongan Sebut PKK Miliki Kontribusi Dalam Pembangunan Daerah

Bupati Lamongan Sebut PKK Miliki Kontribusi Dalam Pembangunan Daerah Bupati Lamongan dan Ketua TP PKK dalam puncak peringatan Hari Kesatuan Gerak Pembinaan Kesejahteraan Keluarga (PKK) ke 51,di Gedung Sport Center Lamongan, Senin(8/5/2023)

LAMONGAN, BANGSAONLINE.com - , Yuhronur Efendi menyatakan bahwa PKK merupakan gabungan dari perempuan multi peran yang memiliki kontribusi dalam pembangunan.

Hal itu, disampaikan saat menghadiri puncak peringatan Hari Kesatuan Gerak Pembinaan Kesejahteraan Keluarga (PKK) ke 51, di Gedung Sport Center Lamongan, Senin (8/5/2023).

Menurutnya, Para perempuan memiliki peran mulai dari menciptakan keluarga harmonis, mengantar para calon penerus bangsa untuk meraih pendidikan yang layak, hingga meminimalisir adanya isu-isu sosial lainnya.

"Sesuai dengan tema yang diambil yakni "bergerak bersama menuju keluarga sejahtera dan tangguh untuk mewujudkan Indonesia tangguh" ini tentu relevan dengan peran seorang perempuan yang memiliki multi peran dalam pembangunan," tuturnya.

Menurutnya, capaian PKK Kabupaten Lamongan tahun ini, diantaranya memenangkan juara 1 Asman Toga tingkat Provinsi, Juara 1 kabupaten dengan capaian BIAN terbanyak se Jawa Timur, Juara 2 ajang kreativitas dan edukasi PKK tingkat Provinsi, dan masih banyak lagi, orang nomor 1 di Lamongan itu memberikan 3 tantangan yang harus dihadapi PKK Kabupaten Lamongan.

"Ada tantangan yang harus menciptakan ketangguhan atau ketahanan keluarga dengan landasan legalitas pertahanan fisik, kecukupan pangan serta kesehatan dan ketahanan ekonomi. " terangnya.

Lalu yang kedua kata Yuhronur yakni penurunan angka stunting dimana saat ini stunting di Lamongan berdasarkan data survei status gizi Indonesia(SSGI) Tahun 2022 mencapai 27,5 persen. Dan yang terakhir adalah mampu menurunkan angka pernikahan usia dini.

"Untuk itu, PKK harus menjadi pelopor pembentukan perspektif keluarga yang tangguh berikan literasi kepada masyarakat untuk melindungi anak-anak kita dari kekerasan fisik maupun seksual serta mencegah dari pernikahan dini," terangnya.

Sementara itu, Ketua Tim Penggerak PKK Kabupaten Lamongan, Anis Kartika Yuhronur Efendi menuturkan, untuk menjawab isu sosial yang ada di Lamongan. , menurutnya berupaya dengan cara merealisasikan inovasi yang ada, yaitu Inovasi Paredi (Pola Asuh Anak dan Remaja di Era Digital), inovasi gerakan keluarga indonesia dalam peningkatan pendidikan dan ekonomi, inovasi Aku Hatinya PKK (amalkan, kukuhkan halaman asri indah dan nyaman), inovasi Keluarga Tangguh (keluarga tanggap dan tangguh bencana), dan inovasi modernisasi organisasi PKK memanfaatkan teknologi untuk mengedukasi masyarakat.

"Tim penggerak PKK sebagai mitra kerja Pemerintah harus mampu menjadi pelopor dan pembaharu yang inspiratif melalui pola pendekatan pemberdayaan keluarga dan menumbuhkan peran serta masyarakat, " pungkasnya. (qom/sis) 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO