Gandeng TNI-Polri, Pemkot Batu Gelar Operasi Yustisi

Gandeng TNI-Polri, Pemkot Batu Gelar Operasi Yustisi Petugas dari Pemkot Batu saat operasi yustisi di Jalan Dewi Sartika.

KOTA BATU, BANGSAONLINE.com - Pemkot  menggelar operasi yustisi administrasi kependudukan bersama TNI-Polri di sekitar Jalan Dewi Sartika, Kamis (4/5/2023). Camat , Yopi Supriadi Weno, memimpin agenda tersebut dan mengatakan bahwa kegiatan ini dilakukan berdasarkan dengan Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 23 tahun 2006.

"Tentang administrasi kependudukan, yang pada hakikatnya berkewajiban memberikan perlindungan dan pengakuan terhadap penentuan status pribadi dan status hukum atas setiap peristiwa kependudukan dan peristiwa penting, yang dialami oleh penduduk Indonesia yang berada didalam dan atau diluar wilayah kesatuan Republik Indonesia," paparnya.

Tak hanya itu, mantan Gakmada Satpol PP Pemkot ini juga menambahkan jika Operasi Yustisi tersebut berkaitan dengan selesainya libur hari raya dan libur sekolah dengan tujuan untuk menghindari hal-hal yang tidak diinginkan, seoertia antisipasi terhadap aksi terorisme, terutama terlaksanannya keamanan dan ketertiban di wilayah Kecamatan .

"Maka dari itu, maksud daripada digelarnya Operasi Yustisi ini untuk melaksanakan penertiban atau pemeriksaan identitas kependudukan yang berada di lingkungan masing-masing," tuturnya.

Dalam menjaga wilayah Kecamatan agar tetap selalu kondusif, pihaknya sengaja berkolaborasi sekaligus bersinergi denga Aparat Penegak Hukum (APH) dan Dispendukcapil Pemkot .

"Itu dimaksudkan jika dalam Operasi Yustisi ini ditemukan orang-orang yang mencurigakan atau yang tidak memiliki indentitas diri yang jekas, maka langsung segera ditangani APH dan Dispendukcapil Pemkot tentunya dalam hal ini juga membantu menguruskan identitasnya tersebut," ungkapnya.

Lihat juga video 'Balita Perempuan Disiksa Calon Bapak Tiri':


Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO