Upacara Hardiknas 2023, Gus Ipul Ingatkan Tenaga Pendidik Wujudkan Merdeka Belajar

Upacara Hardiknas 2023, Gus Ipul Ingatkan Tenaga Pendidik Wujudkan Merdeka Belajar Wali Kota Pasuruan Saifullah Yusuf menyampaikan amanat Mendikbudristek saat upacara peringatan Hardiknas 2023.

KOTA PASURUAN, BANGSAONLINE.com - Pemerintah Kota Pasuruan menggelar upacara peringatan () tahun 2023 di lapangan BKD, Selasa (02/05/2023).

Dalam kesempatan itu, Wali Kota Pasuruan selaku inspektur upacara membacakan pidato Menteri Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi (Mendikbud Ristek), Nadiem Anwar Makarim.

Saat sambutan, -sapaan Wali Kota Pasuruan- menyampaikan selama tiga tahun terakhir, perubahan besar terjadi dari ujung barat sampai ujung timur Indonesia. Sebanyak 24 episode yang telah diluncurkan membawa pendidikan Indonesia semakin dekat dengan cita-cita luhur Ki Hadjar Dewantara, yaitu pendidikan yang menuntun bakat, minat, dan potensi peserta didik.

“Anak-anak kita sekarang bisa belajar dengan lebih tenang karena aktivitas pembelajaran mereka dinilai secara lebih holistik oleh gurunya sendiri. Para kepala sekolah dan kepala daerah yang dulu kesulitan memonitor kualitas pendidikannya, sekarang dapat menggunakan data Asesmen Nasional di Platform Rapor Pendidikan untuk melakukan perbaikan kualitas layanan pendidikan,” ujar .

Hal itu membuat para guru saat ini berlomba-lomba untuk berbagi dan berkarya dengan hadirnya Platform . Selain itu, guru-guru yang dulu diikat berbagai peraturan yang kaku, sekarang lebih bebas berinovasi di kelas dengan hadirnya Kurikulum Merdeka.

“Sejalan dengan Kurikulum Merdeka yang menekankan pembelajaran mendalam untuk mengembangkan karakter dan kompetensi, seleksi masuk perguruan negeri saat ini juga berfokus pada mengukur kemampuan literasi dan bernalar,” terangnya.

Dari segi pendanaan, pencarian langsung dana bantuan operasional sekolah (BOS) dan bantuan operasional pendidikan (BOP) dan pemanfaatannya yang lebih fleksibel telah memberikan keleluasaan bagi sekolah untuk meningkatkan kualitas belajar.

“Dengan perluasan program beasiswa, kesempatan untuk melanjutkan pendidikan ke jenjang perguruan tinggi sekarang lebih terbuka. Dukungan dana padanan untuk mendanai riset juga telah melahirkan begitu banyak inovasi yang bermula dari kolaborasi,” kata .

tahun ini, lanjut , merupakan waktu yang tepat untuk merefleksikan kembali setiap tantangan yang sudah dihadapi, juga setiap langkah berani yang sudah diambil.

Lihat juga video 'Buntut Video Joget Viral di Pasuruan, Oknum Kepala Sekolah Diberi Sanksi':


Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO