Menko PMK: Pelabuhan Bakauheni akan Dikhususkan untuk Kendaraan Roda Empat saat Arus Mudik

Menko PMK: Pelabuhan Bakauheni akan Dikhususkan untuk Kendaraan Roda Empat saat Arus Mudik Menko PMK Sebut Pelabuhan Bakauheni akan Dikhususkan untuk Kendaraan Roda Empat Saat Arus Balik. Foto: Ist

JAKARTA, BANGSAONLINE.com - Muhadjir Effendy selaku Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan () mengatakan bahwa Pelabuhan Bakauheni akan dikhususkan untuk kendaraan roda empat pada saat arus balik Lebaran 2023.

Jika dimungkinkan, sebagian kendaraan bermotor juga dapat melalui Pelabuhan Bakauheni.

"Untuk mengurangi beban pelabuhan Bakauheni maka nanti pelabuhan ini hanya dikhususkan untuk kendaraan roda empat pribadi dan juga dimungkinkan sebagian kendaraan bermotor sehingga arus balik ini dapat berjalan lancar", ujar Muhadjir pada Rabu (26/4/2023).

Muhadjir menyebutkan terdapat beberapa penyesuaian kebijakan dalam arus balik Lebaran saat ini, salah satunya pengangkutan kendaraan roda empat maupun roda dua yang dapat dilakukan secara fleksibel.

Hal ini dimungkinkan karena rentang waktu arus balik yang cukup panjang sehingga kepadatan lalu lintas yang terjadi tidak signifikan seperti saat arus mudik kemarin.

"Jadi saat arus balik ini setelah mengangkut penumpang dari Bakauheni nanti turun ke Merak, tidak menunggu penumpang naik dari pelabuhan Merak, tetapi langsung kembali menuju Pelabuhan Bakauheni sehingga tidak ada penantian kapal yang terlalu lama", ujar Muhadjir.

Muhadjir juga mengimbau para pemudik yang akan kembali ke Jakarta untuk tetap mematuhi protokol kesehatan dan istirahat yang cukup supaya tubuh tetap bugar.

Jika merasakan badan tidak prima maka sebaiknya beristirahat terlebih dahulu.

"Jadi, sesuai dengan himbauann Bapak Presiden kepada para pemudik yang akan kembali ke tanah rantauan nya, tetap patuhi protokol-protokol kesehatan, jika merasa badan tidak fit segeralah beristirahat sebelum melanjutkan kembali perjalanannya", jelas Muhadjir.

(ans)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Lihat juga video 'Mahasiswa Indonesia Bekerja Part Time Sebagai Petani di Jepang, Viral Karena Gajinya, ini Kisahnya':


Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO