Bentuk Toleransi Beragama, Pecalang di Kota Batu Amankan Pelaksanaan Sholat Ied

Bentuk Toleransi Beragama, Pecalang di Kota Batu Amankan Pelaksanaan Sholat Ied Pecalang dan pemuda lintas iman saat membantu pengamanan Sholat Ied.

KOTA BATU, BANGSAONLINE.com - Sebanyak 20 Pecalang atau satuan pengamanan desa adat agama hindu dan pemuda lintas iman mengamakan pelaksanaan Sholat Idul Fitri di Mapolres , Sabtu (22/4/2023). Hal ini dilakukan sebagai bentuk toleransi dan membina kerukunan antarumat beragama di Kota Agropolitan.

"Ada sekitar 20 orang Pecalang yang diterjunkan untuk membantu pengamanan di masjid-masjid dan lapangan saat pelaksanaan Sholat Idul Fitri di Kota . Di Mapolres ada 4 orang, sedang lainnya tersebar di tempat lainnya," kata juru bicara Pecalang, Darmawan.

Ia menyebut, pihaknya dibantu rekan lainnya yang berbeda iman dan agama, seperti pemuda gereja, komunitas agama budha maupun kristen, dalam pengamanan ini. Menurut dia, langkah yang dilakukan oleh pecalang merupakan bentuk toleransi antarumat beragama.

Sementara itu, Khafidz Murtaji selaku khotib saat Sholat Ied mengajak kepada jamaah untuk gemar bersedekah, berinfak, empati kepada orang kepada yang lemah. bisa menahan amarah dan suka memaafkan kesalahan orang lain.

"Dalam situasi sekarang ini kita harus yakin dan memohon kepada Allah agar masalah-masalah yang ada dimasyarakat dterutama di wilayah kota segera terurai dan dapat diselesaikan dengan baik," tuturnya. (adi/sis)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Lihat juga video 'Dengan Santainya, Maling Gasak Motor Karyawan Pabrik di Kota Batu':


Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO