RUPST, SIG Bagikan Dividen Rp1,65 Triliun

RUPST, SIG Bagikan Dividen Rp1,65 Triliun Rapat Umum Pemegang Saham Tahunan 2023 yang digelar SIG di Jakarta. Foto: Ist.

JAKARTA, BANGSAONLINE.com - (Persero) Tbk (/Perseroan) menggelar rapat umum pemegang saham tahunan (RUPST) 2023 di Jakarta, Senin (17/4/2023).

Rapat menyetujui penetapan penggunaan laba tahun berjalan yang dapat diatribusikan kepada pemilik entitas induk tahun 2022 sebesar Rp2,36 triliun.

Rinciannya, sebesar 70% atau Rp1,65 triliun ditetapkan sebagai dividen tunai, dan sebesar 30% atau Rp709,45 miliar ditetapkan sebagai cadangan lainnya.

Jika dibandingkan dengan nilai yang dibagikan pada tahun sebelumnya sebesar Rp 1,02 triliun, pembagian dividen pada tahun ini terhitung tumbuh sebesar 61,76%.

Hal ini mengindikasikan komitmen perseroan untuk terus memberikan nilai tambah bagi para pemegang saham.

Direktur Utama , Donny Arsal, mengatakan akan terus berupaya untuk memperkuat kapabilitas perseroan melalui inovasi produk dan layanan, penguatan jaringan distribusi, dan optimalisasi fasilitas produksi, hingga peningkatan operational excellence pada aktivitas operasional. Termasuk inisiatif digitalisasi yang berkontribusi pada efisiensi, untuk menyasar peningkatan kinerja pada 2023.

" berkomitmen untuk terus menjaga kepemimpinan pasar dan mempertahankan kinerja yang positif demi terciptanya pertumbuhan bisnis yang berkelanjutan dan bernilai tambah bagi para pemegang saham," ucap Donny.

Perubahan Susunan Pengurus Perseroan

Rapat tersebut jgua memberhentikan dengan hormat Astera Primanto Bhakti sebagai komisaris, Aas Asikin Idat sebagai komisaris independen, Aulia Mulki Oemar sebagai direktur bisnis dan pemasaran, Adi Munandir sebagai direktur supply chain.

Rapat juga mengubah nomenklatur jabatan direksi perseroan. Yaitu semula direktur keuangan dan manajemen risiko menjadi direktur keuangan dan manajemen portofolio.

Selanjutnya, rapat mengangkat dewan komisaris dan direksi perseroan, yaitu Yustinus Prastowo sebagai komisaris, Saor Siagian sebagai komisaris independen, Subhan sebagai direktur bisnis dan pemasaran, dan Reni Wulandari sebagai direktur operasi.

Keputusan rapat lainnya, menyetujui laporan tahunan perseroan tahun buku 2022 termasuk laporan tugas pengawasan dewan komisaris tahun buku 2022, pengesahan laporan keuangan perseroan tahun buku 2022, dan penyajian kembali laporan keuangan konsolidasian perseroan untuk tahun buku 2021 sehubungan dengan integrasi PT Semen Baturaja Tbk, sekaligus pemberian pelunasan dan pembebasan tanggung jawab sepenuhnya kepada direksi dan dewan komisaris atas tindakan pengurusan dan pengawasan perseroan yang telah dijalankan selama tahun buku 2022.

Menyetujui laporan tahunan pelaksanaan program TJSL dan pengesahan laporan keuangan program pendanaan UMK tahun buku 2022, sekaligus pemberian pelunasan dan pembebasan tanggung jawab kepada direksi dan dewan komisaris perseroan atas pengurusan dan pengawasan pelaksanaan program TJSL yang dijalankan selama tahun buku 2022.

Selanjutnya, menyetujui laporan pertanggungjawaban realisasi penggunaan dana (RPD) penawaran umum terbatas melalui penambahan modal dengan memberikan hak memesan efek terlebih dahulu I (PMHMETD I) dan persetujuan perubahan atas RPD hasil penawaran umum terbatas melalui PMHMETD l.

Dalam RUPST juga dinyatakan, berhasil mempertahankan kinerja positif pada tahun 2022 yang sarat akan tantangan bagi industri bahan bangunan, dengan mencatatkan peningkatan laba bersih yang dapat diatribusikan kepada pemilik entitas induk sebesar 15,5% menjadi Rp2,36 triliun, dibandingkan periode yang sama pada 2021 sebesar Rp2,047 triliun.

Catatan kinerja positif ini tidak terlepas dari kesuksesan inisiatif strategis perseroan pada 2022. Antara lain, melakukan pengelolaan permintaan di pasar pada level mikro dengan menerapkan pendekatan yang unik sesuai dengan karakteristik masing-masing pasar di setiap daerah yang dilayani.

Kemudian optimalisasi jaringan distribusi, melakukan riset dan pengembangan berkelanjutan untuk menciptakan inovasi produk baru guna merambah ceruk-ceruk pasar yang belum tergarap secara optimal atau belum pernah dimasuki.

Serta, meningkatkan keunggulan operasional melalui modifikasi model operasi dan perbaikan proses produksi untuk mencapai efektivitas dan efisiensi operasi.

Selain itu, perseroan juga menerapkan strategi dan inisiatif dalam kerangka bisnis yang berkelanjutan dengan mengidentifikasi berbagai peluang untuk meningkatkan kinerja, mendorong efisiensi dan produktivitas dalam proses-proses bisnis melalui penerapan prinsip-prinsip keberlanjutan (environmental, social and governance/ESG) pada seluruh kegiatan operasional.

Dalam upaya dekarbonisasi, mencapai peningkatan penggunaan bahan baku dan bahan bakar alternatif pada kegiatan produksi, serta pemanfaatan solar panel sebagai sumber energi baru terbarukan (EBT) untuk kebutuhan penerangan, peralatan kantor dan pabrik.

Tercatat selama 2022, berhasil menekan emisi karbon hingga 590 kg CO2/ton cement equivalent, atau turun 16,67% dari baseline tahun 2010 sebesar 708 kgCO2/ton cement equivalent. Penurunan clinker factor tercapai 69,2% dan peningkatan thermal substitution rate (TSR) tercapai 7,2%.

Lihat juga video 'SNG Cargo: Warna Baru Industri Logistik di Indonesia':


Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO