Gandeng Gakkum KLHK, Wakil Ketua Komisi IV DPR RI Gelar Sosialisasi di Kediri

Gandeng Gakkum KLHK, Wakil Ketua Komisi IV DPR RI Gelar Sosialisasi di Kediri Para narasumber yang hadir dalam sosialisasi Pencegahan dan Penanggulangan Tindak Pidana Lingkungan Hidup dan Kehutanan di Kediri. Foto: MUJI HARJITA/BANGSAONLINE

KEDIRI, BANGSAONLINE.com - Wakil Ketua Komisi IV , Anggia Erma Rini, menggandeng Balai Gakkum KLHK Wilayah Jawa Bali dan Nusa Tenggara (Jabalnusra), menggelar sosialisasi pencegahan dan penanggulangan tindak pidana lingkungan hidup dan kehutanan, Jumat (14/4/2023).

Agenda yang berlangsung di Gedung Pertemuan Dusun Ringinbagus, Desa Manggis, Kecamatan Puncu, Kabupaten , itu dihadiri sekitar 100 relawan lingkungan dan warga sekitar hutan di Kecamatan Puncu.

Saat memberi sambutan, Erma mengaku sengaja mengundang para relawan lingkungan hidup dan warga sekitar hutan dalam kegiatan ini. Hal tersebut dilakukan karena relawan lingkungan adalah unjung tombak dan pionir untuk mencegah kerusakan lingkungan dan hutan.

"Sosialisasi ini penting dilaksanakan karena ada kaitannya dengan sanksi dan bagaimana pemerintah bisa menegakkan hukum bila terjadi perusakan lingkungan dan hutan," kata perempuan yang juga Ketua Umum DPP Fatayat NU itu.

Anggota Fraksi Partai Kebangkitan Bangsa dari dapil Jatim 6 tersebut sangat mengapresiasi keberadaan relawan yang terus peduli dengan lingkungan. Keberadaan relawan dinilainya, sangat membantu pemerintah dalam upaya pencegahan dan penanggulangan kerusakan lingkungan.

"Pelanggaran yang bisa merusak lingkungan itu antara lain membuang sampah sembarang, penebangan pohon di kawasan hutan dan pembuangan limbah berbahaya ditempat sembarangan," tuturnya.

Erma juga mendorong pemerintah dan relawan untuk selalu menanam pohon. Karena semakin banyak pohon yang ditanam, maka akan bisa mengkonservasi air.

"Tetapi kenyataannya malah banyak pohon yang ditebang (secar ilegal), maka dari itu memang diperlukan sosialisasi pencegahan dan penanggulangan tindak pidana lingkungan ini terutama kepada warga sekitar hutan dan relawan lingkungan," paparnya.

Lihat juga video 'Tim BPK Wilayah XI Teliti Tugu Tapal Batas di Kediri, Diduga dari Abad ke-13 ':


Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO