Jelang FKP Regsosek 2023, Wakil Wali Kota Pasuruan Ajak Semua Pihak Wujudkan Data Faktual

Jelang FKP Regsosek 2023, Wakil Wali Kota Pasuruan Ajak Semua Pihak Wujudkan Data Faktual Wakil Wali Kota Pasuruan, Adi Wibowo (tengah), saat memberi sambutan dalam rapat persiapan FKP Regsosek 2023 dan persiapan Sensus Pertanian 2023.

KOTA PASURUAN, BANGSAONLINE.com - Pemkot bersama BPS setempat menggelar rapat persiapan Forum Konsultasi Publik (FKP) Registrasi Sosial Ekonomi (Regsosek) 2023, dan persiapan Sensus Pertanian 2023, Jumat (14/4/2023).

FKP Regsosek 2023 akan dilaksanakan pada 2-21 Mei 2023 mendatang sebagai tindak lanjut hasil pendataan awal yang telah dilakukan BPS pada tahun lalu, dalam rangka menyediakan basis data penduduk, seperti dari profil, kondisi sosial, ekonomi, dan tingkat kesejahteraan.

Wakil Wali Kota , Adi Wibowo, menyampaikan bahwa pemanfaatan data kondisi ekonomi seluruh penduduk akan membantu program pemerintah sehingga bisa berjalan efektif, baik program kesehatan, pendidikan, kewirausahaan, dan lain lain. Untuk itu, diperlukan data yang faktual dan akurat.

“Keakuratan itu tentu ketika pendataan dilakukan secara nyata, faktual, dan ada unsur kejujuran. Harapannya, dengan pendataan regsosek itu menjadi basis data utama kita, ini nantinya akan digunakan sebagai rujukan kebijakan pemerintah,” ujarnya.

Menurut dia, keterlibatan masyarakat dalam FKP Regsosek 2023 merupakan hal yang penting dan menjadi bagian untuk pembangunan yang bersifat partisipatif.

“Keterlibatan masyarakat menjadi hal penting untuk mendapat kesepakatan bersama, sehingga ketika dikeluarkan kebijakan yang berbasis data, tidak ada kontra produktif dengan hal yang ada di lapangan maupun masyarakat. Momentum ini juga sebagai wadah untuk mensosialisasikan kerja-kerja dan kebijakan pemerintah, serta menimilalisir kekeliruan dalam penyusunan kebijakan,” paparnya.

Berkaitan dengan itu, ia meminta dukungan kepada semua pihak untuk bekerja sama bergandeng tangan sehingga mampu mewujudkan data faktual yang menjadi landasan dalam pengambilan kebijakan pemerintah maupun organisasi-organisasi yang menggunakan data tersebut sebagai rujukan untuk membuat program masing-masing.

Lihat juga video 'Penuhi Air Bersih Warga, Pemdes Krandegan Sukseskan Program SPAM dari PUPR':


Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO